Masuk

Sebut Nabi Muhammad Lari Saat Bertemu Jibril, Gus Muwafiq Dihujat Santri: Ngapain Lari-Lari? Nyari Minyak Langka?!

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Seorang santri komentari salah satu video ceramah Gus Muwafiq yang menceritakan bahwa nabi ketakutan sampai lari-lari saat hendak diberi wahyu dan bertemu malaikat Jibril.

Santri itu berpendapat bahwa Nabi Muhammad SAW sama sekali tidak lari saat bertemu dengan malaikat Jibril ketika hendak diberi wahyu pertama, nabi hanya terdiam dan terkejut. Santri itu menyinggung Gus Muwafiq dengan pertanyaan ‘ngapain Nabi lari-lari? nyari minyak langka?’.

Diduga santri itu bernama Khoerul Samsuri, dirinya mengunggah potongan video ceramah lawas Gus Muwafiq, kemudian sang santri memberikan komentar pedas kepada Gus Muwafiq.

Baca Juga: PA 212 Laporkan Budi Dalton ke Polisi Usai Sebut ‘Miras’ Minuman Rasulullah

Mulanya, Gus Muwafiq menjelaskan bahwa nabi tidak tahu dan ketakutan sampai lari-lari saat ditemui oleh malaikat Jibril yang hendak menyampaikan wahyu pertama kepadanya.

“Nabi didatengi malaikat Jibril lari! ada malaikat jibril lari lagi!,” ujar Gus Muwafiq dalam potongan video itu. 

Video itu diunggah channel youtube KS Calon Mubaligh, dengan judul ‘Ceramah Gus Muwafiq, Bela Dukun, Nabi Aja ke Dukun Warkoh’, sebagaimana dilansir pada Sabtu, 26 Maret 2022.

Baca Juga: PLTS Jadi Solusi Hemat Listrik di Pesantren, Ganjar Kantongi Dukungan Santri – Ulama di Bulukumba

Kemudian, santri itu membantah cerita Gus Muwafiq, dirinya berpendapat bahwa Nabi Muhammad SAW, tidak lari-lari saat ditemui oleh malaikat Jibril.

“Nabi itu lari katanya, lari-lari kenapa? nyari minyak karena langka?! karena mahal?!,” ujar sang santri mengomentari.

“Salah, bukan seperti itu! ketika rasulullah SAW disuruh baca oleh malaikat Jibril, ‘iqro! (bacalah!)’, nabi diam bingung,” ujar sang santri melanjutkan.

“Kenapa? karena rasulullah SAW melihat malaikat Jibril itu besar tinggi, lihat di dalam tafsir Sowi, besar malaikat Jibril itu, Nabi diam kaget,” ujar sang santri menjelaskan.