Makassar Terkini
Masuk

Sosok Kepala Otorita IKN Sudah Dipilih Jokowi, Masa Jabatan Hingga 5 Tahun

Terkini.id, Jakarta – Sosok yang akan menjadi Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) kabarnya telah dipilih oleh Presiden Joko Widodo.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Luqman Hakim telah mengonfirmasi langsung hal tersebut saat diwawancarai oleh awak media.

“Kepala Otorita IKN Nusantara, namanya sudah di saku Presiden Joko Widodo,” kata Luqman Hakim, seperi dikutip dari wartaekonomi.co.id.

Tak hanya itu, Luqman juga memberikan bocoran terkait calon yang nantinya akan memimpin sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN).

Menurutnya, calon Kepala Otorita Ibu Kota Negara merupakan seseorang yang akrab dengan Presiden Jokowi.

Luqman juga mengatakan bahwa sosok tersebut adalah senior yang telah berpengalaman dalam pemerintahan, pengelolaan keuangan dan perbankan.

Bahkan Jokowi dikabaran sering meminta saran dan pertimbangan kepada sosok tersebut.

Selain itu, calon Kepala Otorita IKN yang dimaksud dinilai mengerti soal masalah hukum, dan mampu berkomunikasi dengan baik kepada setiap kalangan.

“Sekadar gambaran tambahan, calon kepala otorita yang akan diumumkan. Saya duga merupakan salah satu tokoh yang dipercaya Presiden Jokowi. Selama ini yang bersangkutan sering diminta memberi masukan dan pertimbangan oleh Presiden,” jelas Luqman Hakim.

Sementara itu, berdasarkan UU IKN Presiden Jokowi berhak menunjuk Kepala Otorita IKN dan wakilnya paling lambat 2 bulan setelah diundangkan.

Setelah Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN resmi dilantik oleh Jokowi, maka  mereka memiliki masa jabatan selama 5 tahun sesuai dengan isi pasal 10 ayat (2) UU IKN.