Tak Banyak yang Tahu, Inilah Film yang Menjadi Inspirasi Munculnya Tokoh Joker

Joker
Tokoh 'Joker' dalam Film Joker 2019. (Foto: Istimewa)

Terkini.id, Makassar – Sejak tayang di Festival Venice, film Joker 2019 yang diperankan oleh Joaquin Phoenix memicu pro dan kontra. Banyak yang memuji namun banyak juga yang mengkritik karena dinilai terlalu menampilkan aksi kejahatan massal.

Film garapan Todd Phillips ini memang berbeda dari film-film Joker lainnya yang sudah lebih dulu tayang di bioskop lewat sekuel Batman.

Dalam film Joker 2019, Todd Phillips membawa kita ke masa lalu, ketika Joker benar-benar tak memiliki kekuatan. Ia hanyalah seorang yang bergelut dengan masalahnya sendiri, seorang yang terasingkan dari dunia yang benar-benar rusak.

Tokoh Joker yang diangkat Todd Phillips terinspirasi dari film drama bisu klasik berjudul ‘The Man Who Laughs’ yang tayang pada tahun 1928 silam.

“Pencipta asli Joker adalah film bisu ‘The Man Who Laughs’ yang di sinilah ini dimulai,” tulis akun Instagram @historydailypix.

Film bisu ‘The Man Who Laughs’ adalah drama romantis diadaptasi dari novel Victor Hugo. Kisah tersebut menceritakan Gwynplaine, seorang pria cacat yang diperankan oleh Conrad Veidt.

Sebelumnya, DC Universe sebagai rumah produksi ‘Joker’ juga pernah membuat komik dengan judul ‘Batman: The Man Who Laughs’ sebagai penghormatan bagi novel Hugo tersebut.

Berita Terkait