Masuk

Tobat Susah dan Susah Tobat

Komentar

Penulis: Prof Abd Rasyid Masri (Dosen UIN) Makassar  

SERING kita dengar ada orang berkeluh kesah kenapa hidup saya selalu susah dan  sengsara terus bahkan sampai keluar kata kata “Saya mau tobat jadi orang miskin”.

Setiap orang memiliki kesusahan walau kadar susahnya berbeda beda satu dengan yang lain.

Baca Juga: Politik Mental Budak

Sebenarnya yang membuat susah manusia itu adalah dirinya sendiri kalau mau hidup aman, tenang dan tak punya susah atau kesulitan juga pada diri sendiri. 

Hidup adalah pilihan dan setiap pilihan ada resiko, kesusahan dan kesenangan selalu berganti. 

Artinya hidup ini adalah tantangan dan kalau tak mau memiliki tantangan maka sederhanakanlah target hidup kita walaupun tetap ada resiko.

Baca Juga: Singgung Artis yang Tobat Atau Hijrah, Said Aqil Siradj: Sangat-Sangat Berbahaya!

Kenapa banyak orang merasa susah hidup, merasa selalu kekurangan hidup dan bahkan merasa gagal hidup karena mereka tak berhasil menentukan orientasi tujuan hidupnya.

Tak punya impian yang realistis dan target yang terukur untuk dicapai. Kedua, apa yang diimpikan kurang mendapat dukungan dari pasangannya atau orang orang terdekatnya.

Ketiga yakni kemungkinan target hidupnya tidak realistis dan tak mampu untuk bisa dikejar. Hal-hal seperti inilah yang membuat dirinya selalu dalam kesusahan.  

Solusinya tentu sebaliknya agar sukses maka cerdaslah, tetapkan apa tujuan hidup kita yang jelas dan terukur, berpikir cerdas dan bercita cita tapi yang realistis, dan berusahalah setiap usaha yang kita lakukan mendapat dukungan penuh dari orang-orang terdekat yang mencintai kita dan kita cintai. Sehingga susah  senang dibagi bersama.

Baca Juga: Heboh Wanita Muslimah Nikah Beda Agama, Ustadz Abdul Somad: Hukumnya Zina, Neraka Jahanam Tempatmu!

Lalu bagaimana manusia yang susah tobat. Ini sisi lain kehidupan seseorang. Ada manusia mudah bertobat dan cepat sadar akan kesalahan atau dosa yang diperbuat.