Utamakan Pencegahan Penyebaran Covid-19, Bupati Selayar Tutup Akses Jalur Laut

Terkini.id — Bupati Kepulauan Selayar, Muh Basli Ali, mengeluarkan kebijakan menutup sementara akses keluar dan masuk warga di Kabupaten Selayar. 

Hal itu demi mencegah penularan virus corona. Dua Pelabuhan besar yang selama ini menjadi akses dan pintu transportasi laut di wilayahnya, yakni pelabuhan pammatata dan pattumbukang ditutup.

Penutupan tersebut akan berlaku mulai Senin 30 maret hingga 6 April 2020 dan menyesuaikan situasi terkait penyebaran virus corona atau covid-19.

“Kebijakan tersebut tentu akan berimbas bagi perputaran roda perekonomi yang akan menurun, karena melalui jalur laut lah selama ini perekenomian masyarakat terputar. Namun kesehatan masyarakat yang paling utama dan tidak kalah pentingnya,” ujar mantan pimpinan DPRD selayar tersebut.

Mungkin Anda menyukai ini:

Basli Ali juga memastikan ketersedian pangan dan kebutuhan sehari hari selama penutupan jalur laut tersebut dan menyiapkan opsi jalur udara jika terjadi hal yang urgent atau sifatnya genting dan darurat, semisal jika ada pasien yang harus dirujuk ke makassar.

Baca Juga: TP PKK Sulsel Siap Dukung Langkah Pemerintah Tekan Covid-19 dan...

Untuk jalur udara sendiri, Basli telah berkoordinasi dengan pihak maskapai penerbangan untuk mengurangi rute penerbangan ke Selayar, serta memperketat pemeriksaan suhu badan bagi para penumpang.

Pemerintah setempat juga meminta kerjasama warganya untuk menjaga kesehatan tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan yang sangat penting serta menjaga jarak (sosial distancing) demi kepentingan bersama.

Di Selayar sendiri saat ini belum ada yang dinyatakan positif virus corona, namun telah ada yang dinyatakan PDP dan ODP yang telah diidentifikasi dan ditangani oleh pihak rumah sakit setempat.

Bagikan