Bajaj Beroperasi di Makassar Meski Belum Memiliki Izin

Bajaj. (Foto: Kompas)

Terkini.id, Makassar – Kendati belum mengantongi izin operasi yang sah sebagai angkutan umum dari pemerintah setempat, sejumlah bajaj telah beroperasi di sejumlah titik di Kota Makassar.

Humas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar, Aziz Sila mengatakan kendaraan atau angkutan umum yang hendak beroperasi di kota dan kabupaten seyogyanya memiliki izin operasi terlebih dahulu.

“Belum ada izin operasinya. Itu tidak bisa dikategorikan sebagai kendaraan kalau belum mendaftar tidak ada izin, baik di kabupaten maupun kota, provinsi belum bisa dikatakan sebagai resmi angkutan umum kalau belum ada aturan sebagai angkutan umum di Kota Makassar,” kata Asis, Kamis, 13 Februari 2020.

Meski pihak bajaj pernah membangun komunikasi dengan pihak Dishub ihwal izin operasi, namun berbagai pertimbangan, seperti pertumbuhan kendaraan yang tak sejalan dengan pembangunan infrastruktur menjadi hambatan.

“Sekarang ini pertumbuhan kendaraan tidak sesuai Infrastruktur jalan sehingga semakin macet,” kata dia.

Baca juga:

Meski begitu, Aziz mengatakan pihaknya tak bisa melakukan penindakan secara sepihak bila ada pelanggaran. Untuk itu, kata dia, pihaknya bakal membicarakan hal ini pada sejumlah instansi terkait, seperti kepolisian.

“Karena takutnya seperti bentor kemarin dengan adanya pembiaran. Artinya bertambah, kalau tidak ditindaki maka akan menjadi dilema di kota Makassar,” paparnya.

Terlebih, kata Aziz, bila ada angkutan umum yang tidak terdaftar. Di tengah proses pembangunan tol layang di Jalan AP. Pettarani, Azis mengaku khawatir bajaj akan turut menambah kemacetan.

Komentar

Rekomendasi

Berkebun di Pekarangan Rumah Akan Jadi Kenormalan Baru Warga Makassar

Dinas Kesehatan Makassar Akan Buat Program Senam Selama Pandemi Corona

Pemkot Makassar dan Pelindo IV Akan Buat Parkir Khusus Transit Truk

Anggota Dewan Puji Langkah Pj Wali Kota Yusran Jawab Persoalan Makassar

Prof Yusran Jusuf Minta Masyarakat Tingkatkan Kekebalan Tubuh Hadapi Corona

Update 25 Mei Pasien Corona Covid-19 di Makassar

Yusran Jusuf Salat Ied di Rumah Jabatan

Pantau Mal yang Buka, Satpol PP Makassar Temukan Pengunjung Tak Pakai Masker

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar