Masuk

Bawaslu Koordinasi Kapolres Jeneponto untuk Pembentukan Gakkumdu

Komentar

Terkini.id, Jeneponto – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Jeneponto Audiensi dengan Kapolres Jeneponto, Andi Erma Suryono, bahas persiapan pembentukan Sentra Gakkumdu di Mapolres, jalan Sultan Hasanuddin, Kelurahan Empoang, Kecamatan Binamu, Selasa, 19 Juli 2022.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Kabag Ops Polres Jeneponto, Kompol Muh. Thamrin, Ketua Bawaslu Jeneponto Saiful, Kordiv Pengawasan Hamka, Kordiv SDM Sampara Halik, Kordinator Sekretariat Bawaslu Rosmawati Lallo, Kasat Intelkam, AKP Syarifuddin, S.Sos., Kasat Reskrim Iptu Nasaruddin dan beberapa Perwira Polres Jeneponto.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua Bawaslu Jeneponto Saiful menyampaikan, tujuannya untuk bersilaturahmi dengan Kapolres Jeneponto, AKBP Kapolres Jeneponto AKBP Andi Erma Suryono.

Baca Juga: Dicatut Parpol, Bawaslu Bali Terima 108 Aduan dari Masyarakat

“Kunjungan Bawaslu hari ini dalam rangka koordinasi persiapan pembentukan sentra penegakan hukum (Sentra Gakkumdu) pada pemilu serentak tahun 2024 dan hal-hal lain dalam kaitan dengan persiapan pengawasan pemilu.

“Tahapan pemilu 2024 sudah dimulai sejak tanggal 14 Juni tahun 2022, harapan kami pihak Kepolisian dan Bawaslu Jeneponto dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan baik untuk mensukseskan penyelenggaraan Pemilu serentak 2024,” harap Saiful.

Saiful juga berharap pihak Polres Jeneponto dapat memberikan penyidik-penyidik terbaiknya untuk bergabung di Sentra Gakkumdu Bawaslu,” kami juga berharap penyidik terbaik dari Polres untuk bergabung dalam Gakkumdu,” jelas Saiful.

Baca Juga: Evaluasi Sinergitas Kinerja, Bawaslu Sulsel Kumpulkan Jajaran di Bone

Sementara Kapolres Jeneponto, AKBP Andi Erma Suryono sangat merespon kunjungan Bawaslu yang lebih awal berkoordinasi terkait persiapan pembentukan Sentra Gakkumdu pada pemilu serentak tahun 2024. 

“Segera akan kami tindak lanjuti surat dari Bawaslu Jeneponto perihal permintaan nama-nama personel yang akan bertugas di sentra Gakkumdu, dan tentu kami akan memberikan penyidik-penyidik terbaik kami untuk ditempatkan disentra Gakkumdu,” terang AKBP Andi Erma Suryono.

Andi Erma Suryono juga mengapresiasi Bawaslu yang telah memberikan informasi terkait kinerja Polisi yang tergabung dalam Gakkumdu pada pemilu 2019.

“Informasi itu sangat penting, tentunya kita berkeinginan untuk kinerja yang lebih baik lagi dari pada Gakkumdu Pemilu 2019,” ungkap Andi Erma Suryono.

Baca Juga: KPU: Kami Secara Resmi Memberikan Akun Sipol Sebagai Bentuk Akses Bawaslu

Ditempat yang sama, Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Jeneponto, Hamka, menyampaikan, kegiatan itu Bawaslu itu untuk membangun sinergitas stakeholder utama dalam Sentra Gakkumdu demi efektivitas tugas dan fungsi pencegahan, pengawasan dan penindakan demi terciptanya pemilu yang berintegritas. 

“Insya Allah dalam waktu dekat segera melaksanakan beberapa rapat koordinasi yang melibatkan mitra Bawaslu, khususnya pihak Kepolisian dan Kejaksaan negeri Jeneponto,” ujar Hamka.

Ia pun menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Kapolres Jeneponto yang telah meluangkan waktunya untuk menerima silaturahmi Bawaslu Jeneponto.

“kami atas nama kelembagaan mengucapkan terimakasih atas sambutan Bapak Kapolres dan jajarannya yang sangat luar biasa menerima kunjungan kami dari Bawaslu Jeneponto, pertemuaan ini penuh dengan canda dan tawa, tetapi  sarat dengan makna”, tutur Hamka.