Dinas Lingkungan Hidup Makassar Fokus Awasi Limbah dan Sampah Perusahaan

Dinas Lingkungan Hidup
Kepala Sub Bagian (Kasubag) Umum Kepegawaian Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar Chairul Fahri. (foto: Ist)

Terkini.id, Makassar – Kepala Sub Bagian (Kasubag) Umum Kepegawaian Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar Chairul Fahri mengatakan, beberapa bulan terakhir berfokus dengan perusahaan ihwal pengawasan limbah dan persampahan.

“Sebenarnya Dinas Lingkungan Hidup bukan ke masyarakat, bukan ke publik, tapi lebih dominan ke perusahaan dan industri,” katanya saat dimintai keterangan di Kantor DLH Kota Makassar, Kamis, 23 Maret 2019.

Meski mengawasi limbah dan persampahannya, DLH, kata dia, tak berurusan dengan operasional. Pasalnya, urusan operasional ada di tingkat kecamatan dan yang menagih tingkat retribusi itu ada di kelurahan, RT dan RW.

“Memang ada Kepala Bidang Persampahan tetapi tupoksinya adalah mengelola, monitoring, dan evaluasi sampai sejauh mana sampah tersebut bisa dikelola dengan baik,” jelasnya.

DLH Makassar gencar selesaikan PLTSA

Chairul menyebut, saat ini, Dinas Lingkungan Hidup sedang gencar menyelesaikan Pembangunan Listrik Tenaga Sampah atau PLTSA kepada investor namun belum ada yang cocok.

“Ini sudah 3 tahun berjalan, hanya saja selalu terkendala karena mereka investor meminta untuk digandeng masuk APBD,” terangnya.

Sebelumnya, mantan Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengatakan jika ingin berinvestasi jangan tanggung-tanggung.

“Nanti kita bagi hasil di situ, jangan sangkutpautkan dengan APBD,” kata dia mengulang pernyataan Danny Pomanto.

Berita Terkait
Komentar
Terkini