Direktur Polbangtan Gowa: YESS dan PWMP Akan Menjadi Awal Terciptanya Job Creator dan Job Seeker yang Memiliki Jiwa Enterpreneur

Rakor YESS PPIU Polbangtan Gowa

Salah satu upaya Kementerian Pertanian dalam memfasilitasi kreativitas generasi milenial untuk berkarya dan berwirausaha di sektor pertanian adalah dengan menyelenggarakan program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS) yang dibiayai oleh International Fund for Agricultural Development (IFAD).

Kementerian Pertanian telah melahirkan wirausaha milenial dari sektor pertanian melalui Program Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP), setelah itu Kementan bekerjasama dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD) kembali akan menciptakan wirausaha milenial yang tangguh dan berkualitas melalui Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS).

Kepala Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi sangat mengapresiasi Program YESS. Program ini sebagai bentuk untuk mencetak wirausahawan muda milenial yang berkualitas pada sektor pertanian. Beberapa negara berhasil membangun sektor pertaniannya, dikarenakan usaha agribisnisnya,” ungkapnya.
 
Dedi berharap melalui program YESS bisa melahirkan regenerasi pertanian yang handal dengan peningkatan kompetensi sumberdaya manusia dari perdesaan, juga meningkatnya jumlah wirausaha muda di bidang pertanian.  Sehingga sektor pertanian akan menjadi lapangan kerja menarik, untuk menekan pengangguran. 

Dalam mendukung program yang di gelontorkan BPPSDMP melalui Pusdik Kementan, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa, menggelar Rapat Koordinasi dalam Rangka Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP) Program Youth Entreprenuership And Employment Support Services (YESS) PPIU untuk Wilayah Sulawesi Selatan.

Rakor ini dilaksanakan selama sehari di Hotel Four Points Makassar yang dihadiri 35 peserta dari mahasiswa Polbangtan Gowa, konsultan, penanggung jawab dan pembimbing PWMP. Sabtu (19/09).

Menarik untuk Anda:

Sebanyak 35 kelompok terbentuk dan berhak mendapatkan bantuan beasiswa 33 juta perkelompok sebagai modal awal dalam mengembangkan wirausaha yang akan dijalankan mahasiswa,” Ramli dalam laporannya selaku ketua panitia.

Dr. Ir. Syaifuddin, MP, selaku Direktur Polbangtan Gowa membuka secara langsung rakor dan sosialisasi didampingi Ir. Hermaya Rukka, M.Si, selaku penanggung jawab Program Youth Entreprenuership and Employment Support Services (YESS) PPIU Sulawesi Selatan.

Syaifuddin dalam arahannya, mengharapkan agar pelaksanaan PWMP data mengalami peningkatan dari tahun-tahun selanjutnya. “Program PWMP adalah sebuah kesempatan besar bagi para generasi muda pertanian untuk bisa terjun langsung ke dalam dunia usaha dan juga dapat menumbuhkan jiwa enterpreneur bagi mereka. Tidak menutup kemungkinan dengan adanya PWMP ini akan membawa negara kita menjadi negara maju dengan angka enterpreneur yang tinggi seperti negara-negara maju lainnya” ucapnya . Direktur Polbangtan Gowa juga memperkenalkan program Komando Strategis Pembangunan Pertanian (KOSTRATANI) dihadapan peserta rakor.

Rapat koordinasi dan Sosialisasi, juga ditandai dengan penandatangan kerjasama kontrak antara konsultan dan pihak Polbangtan Gowa, disaksikan Direktur Polbangtan Gowa, Manager PPIU dan Pimpinan Bank Mandiri.

Sebagai penutup, Syaifuddin menjelaskan inti dari wirausaha yakni berpikir positif , percaya diri, berani mengambil resiko, memiliki jiwa kepemimpinan, selalu menatap masa depan, orientasinya hasıl, dalam mengembangkan sumberdaya yang dimiliki,” ujarnya

Berharap agar mahasiswa memanfaatkan sebaik-baiknya bantuan yang diberikan kegiatan ini dapat menjadi awal dari terciptanya job creator dan job seeker yang memiliki jiwa enterpreneur dan dapat mengembangkan usaha inovatif di bidang pertanian maupun peternakan.
 (MUZ).

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Hari Kedua ICSHAIS 2020 STAI DDI Kota Makassar, Paralel Pertama Berlangsung dengan 10 Sesi

STITEK Balik Diwa Makassar Lakukan Desiminasi Minabisnis Penguatan Pangan di Masa Pandemi

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar