Makassar Terkini
Masuk

Ferdy Sambo Resmi Jadi Tersangka, Peran Bharada E dan Bripka RR Akhirnya Terungkap

Terkini.id, Jakarta – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo secara resmi telah mengumumkan mantan Kadiv Provam Polri Ferdy Sambo menjadi tersangka atas kasus tewasnya Brigadir J.

Selain Ferdy Sambo, Kapolri juga mengumumkan Bharada E, Bripka RR dan KM ikut menjadi tersangka dalam insiden berdarah ini.

Listyo Sigit pun mengungkapkan peran masing-masing tersangka dalam kasus tewasnya Brigadir J itu.

Melalui Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto, para tersangka itu memiliki peran masing-masing.

“Peran Bharada E melakukan penembakan terhadap korban, Bripka RR turut membantu dan menyaksikan penembakan korban, KM turut membantu dan menyaksikan penembakan korban, dan FS menyuruh melakukan penembakan dan meskenario seolah terjadi penembakan,” ujar Komjen Agus Andrianto dilansir dari TribunJakarta.com, Selasa 9 Agustus 2022.

Tersangka kasus tewasnya Brigadir J tersebut dijerat pasal pembunuhan berencana yaitu Pasal 340 subsider pasal 338 juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP.

“Ancaman hukumannya maksimal hukuman mati atau penjara seumur hidup atau pidana penjara selama-lamanya 20 tahun,” ujarnya.

Sebagai informasi, Inspektorat Khusus (Irsus) dalam kasus ini telah melakukan pemeriksaan terhadap 25 personal Polri karena adanya dugaan ketidakprofesionalan ketika menangani kasus tewasnya Brigadir J.

25 personel Polri yang telah diperiksa rinciannya adalah bintara dan tamtama masing-masing lima personel, tujuh perwira pertama, dua kompol, tiga AKBP, lima Kombes, jenderal bintang satu, dan seorang jenderal bintang dua.

Selain itu, Irjen Ferdy Sambo telah ditempatkan di sebuah tempat khusus di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depkok oleh Timsus.

Dirinya ditahan untuk dilakukan pemeriksaan lebih dalam perihal kasus tewasnya Brigadir J.