Hadir di Libureng, Bupati Barru Nikmati Mappadendang Pada Acara Pesta Tani

Bupati Barru
Hadir di Libureng, Bupati Barru Nikmati Mappadendang Pada Acara Pesta Tani

Terkini.id, Barru – Pelaksanaan Mappadendang yang digelar dalam rangka pesta panen oleh masyarakat Dusun Libureng, Desa Pacciro, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru, turut dihadiri Bupati Barru Suardi Saleh dan Ketua TP PKK Kabupaten Barru Hasnah Syam, Sabtu, 22 Juni 2019.

Bupati Barru didampingi sejumlah aparat desa serta tokoh masyarakat. Suguhan budaya masyarakat Bugis dalam mensyukuri hasil panennya, melalui acara Mappadendang, yang telah melekat dalam budaya pertanian khususnya masyarakat Kabupaten Barru, sampai saat ini masih kental di beberapa desa.

Dalam sambutannya, Bupati Barru Suardi Saleh, menuturkan, jika acara Mappadendang patut untuk terus dilestarikan karena telah menjadi sebuah kegiatan turun temurun dan juga tradisi suku Bugis.

“Ini patut kita terus lestarikan di Kabupaten Barru, karena budaya ini memberikan makna yang baik dalam bermasyarakat, dan bagaimana mempersatukan masyarakat,” ujarnya.

Suardi Saleh: Dengan kegiatan Mappadendang, jiwa gotong royong masyarakat semakin nampak

Suardi menuturkan, jika dengan kegiatan ini jiwa gotong royong masyarakat akan semakin nampak, karena dalam kegiatannya itu dilakukan secara bersama-sama.

Baca juga:

“Untuk menghasilkan bunyi Mappadendang yang baik maka semua peserta Mappadendang harus kompak dalam menumbuk, dan ditentukan masing-masing penumbuk, jika ada yang tidak kompak maka suara yang dihasilkan tidak akan baik,” tegasnya.

Komentar

Rekomendasi

Satu Santri Asal Barru Sembuh dari Corona, Langsung Diantar Bupati Pulang Kampung

7 Warga Barru Terjangkit Corona Kini Negatif di Swab Test Pertama

Tak Tersentuh Bansos Pemerintah, Warga Barru Ini dapat Bantuan dari AJB

Barru Zona Merah, Gurutta Faried Wadjedy Tandatangani Peniadaan Shalat Id di Masjid

Tujuh Warga Barru Terkonfirmasi Covid-19, Bupati Semangati Lewat Virtual

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar