Di HUT ke-60, Bupati Suardi Saleh Paparkan Program Peningkatan Tahun 2019

HUT Kabupaten Barru dihadiri Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahyo Kumolo, Gubernur Sulsel Prof. Nurdin Abdullah

Terkini.id, Barru – Kabupaten Barru, kini telah memasuki usia yang ke 60 tahun, pada momentum ini berbagai kegiatan menyemarakkan acara tersebut, sebagi bentuk suka cita masyarakat Kabupaten Barru, dalam menyemarakkan HUT yang ke 60 tahun ini.

Pada Kamis 20 Februari 2020, Pemerintah Kabupaten Barru memaparkan sejumlah program keberhasilan melalui Upacara Puncak Perayaan HUT Kabupaten Barru yang ke 60 tahun, digelar di alun-alun Kabupaten Barru.

Hari jadi Kabupaten Barru ke 60 ini Istimewa dihadiri karena dihadiri Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Reformasi Birokrasi (Menpan-RB)  Tjahyo Kumolo, Gubernur Sulsel Prof. Nurdin Abdullah, dan Mantan Wakil Ketua DPR RI Bapak Aksa Mahmud, Pangdam, Kapolda.

Selain itu juga hadir beberapa Deputi Wilayah Sulsel, Ketua DPRD Sulsel, Ketua Pengadilan Tinggi, Pengadilan Tinggi Agama Sulsel, Komandan Lantamal, Rektor Unhas bersama Natsir Kalla, Hasnah Syam MARS Anggota DPR RI, Taufan Pawe Walikota Parepare, Dandim Mallusetasi, Ketua Majelis Ulama Anregurutta, Andi Pamadengrukka, Andi M Rum, Aksa, dan banyak lagi Pejabat Nasional, Provinsi Sulsel dan tokoh Kabupaten Barru.

Bupati Barru, Surdi Saleh, menghaturkan banyak terima kasih atas kehadiran sejumlah elemen masyarakat dalam menyemarakkan HUT Kabupaten Barru yang ke 60 tahun ini.

Menarik untuk Anda:

“Kesempatan yang berbahagia ini, perkenankan Saya selaku Bupati Barru mengucapkan Selamat Hari Jadi Kabupaten Barru ke-60 kepada segenap warga masyarakat Kabupaten Barru dimanapun berada,”ungkap dia.

Teriring doa dan harapan semoga di hari jadi kali ini, menjadi momentum dan komitmen bersama untuk mewujudkan Kabupaten Barru yang lebih maju, sejahtera, taat azas dan  bermartabat  yang bernafaskan keagamaan.

“Memperingati hari jadi, secara filosofis bermakna muhasabah untuk merefleksikan masa lalu sebagai sebuah mata rantai sejarah yang sangat bernilai sebagai referensi dalam menapaki masa kini dan masa yang akan datang,”pungkas Suardi.

Pemerintah Kabupaten  Barru dalam kurun waktu tahun 2017 – 2019 sebanyak 27 Penghargaan, baik berupa karya yang mendapatkan pengakuan yang berskala regional maupun nasional antara lain, Penghargaan Kepatuhan Tinggi 2019 tentang Pelayanan Publik dari Ombudsman RI, Piala Adipura Tahun 2019 dari Kementerian Lingkungan Hidup, Universal Health Care Coverage Tahun 2018 dari Kementerian Kesehatan dan Opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK RI selama 3 tahun berturut-turut.

Berbagai keberhasilan pembangunan yang telah kita capai hingga saat ini terlihat pada berbagai indikator pembangunan daerah antara lain: 

1) PDRB meningkat dari Rp.5,97 Trilyun pada tahun 2017 diawal kami ditunjuk jadi Bupati Defenitif menjadi Rp.7,17 Trilyun pada tahun 2019;

2) Pendapatan per kapita yang semakin meningkat dari Rp.34,48 juta pada tahun 2017 menjadi 41 juta pada tahun 2019;

3) Pertumbuhan ekonomi meningkat dari 6,48 persen pada tahun 2017 menjadi 7,08 persen pada tahun 2019. Pertumbuhan ekonomi sebesar 7,08 persen ini melebihi rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional dan sedikit mendekati pertumbuhan ekonomi Provinsi Sulawesi Selatan;

4) Indeks pembangunan manusia meningkat dari 69,56 pada tahun 2017 menjadi 70,08  pada tahun 2019 dan menjadikan Kabupaten Barru berada pada kabupaten kelompok IPM kategori tinggi di Sulawesi Selatan;

5) Angka kemiskinan menurun dari 9,71 persen pada tahun 2017 menjadi 8,57 persen pada tahun 2019.

Selanjutnya sebagai rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Barru ke-60, perkenankan kami menyampaikan bahwa pada Tahun Anggaran 2019, Kabupaten Barru telah merealisasikan pembangunan fisik sebanyak 200 paket dengan nilai Rp190 Milyar lebih.

Pada hari ini, salah satu diantaranya akan dilakukan Peresmiannya oleh Bapak Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yaitu Mal Pelayanan Publik Kabupaten Barru.

Selain itu juga akan dilakukan penandatanganan prasasti berbagai program  pembangunan fisik oleh Bapak Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan antara lain:

1) Peningkatan Jalan Ruas Bulu Dua-Ampiri sebesar Rp. 9 Milyar Lebih,

2) Pembangunan Konstruksi Fisik Interior Menara Kantor Bupati (Mal Pelayanan Publik) sebesar Rp. 2,9 Milyar Lebih,

3) Pembangunan Puskesmas Pancana sebesar Rp. 2,5 Milyar Lebih,

4) Pembangunan Gedung Poliklinik RSUD sebesar Rp. 1,9 Milyar Lebih,

5) Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah Domestik Terpusat sebesar Rp2,5 Milyar Lebih.

Pada momentum ini juga Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, menyerahkan kendaraan operasional berupa ambulans dan Damkar, serta mobil Perpustakaan dan juga bantuan dana sebesar Rp61,7 Milyar kepada Pemerintah Kabupaten Barru.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Demokrat Usung Suardi Saleh-Ogi di Pilkada Barru

Ada Isu Pejabat Barru Reaktif Rapid Test Saat ke Masamba, Ini Klarifikasi Gugus Tugas Covid-19

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar