Kasus HIV di Makassar Terus Meningkat, Ini Jumlahnya

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar Naisyah Tun Azikin

Terkini.id, Makassar – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar Naisyah Tun Azikin mengemukakan bahwa kasus HIV (human immunodeficiency virus) terus mengalami peningkatan di Makassar.

Naisyah mengatakan, beberapa tahun terakhir, virus tersebut terus bertambah dari waktu ke waktu. Bahkan, kata Naisyah, trennya terus meningkat.

“HIV ibarat fenoma gunung es. Kalau satu kasus ditemukan bisa seribu tidak ditemukan karena dia di bawah laut. Semakin banyak orang yang peduli maka semakin banyak orang yang bekerja, maka semakin banyak pula menemukan kasus baru,” kata Naisyah, Jumat, 7 Februari 2020.

Tercatat, pada tahun 2018 pengidap penyakit HIV di Makassar sekitar 700 orang, namun tahun 2019 naik menjadi 800 orang.

“2018 itu sekitar 700 lebih, di tahun 2019 sekitar 800-an.Trennya terus meningkat,” ucapnya.

Menarik untuk Anda:

Penyebab penularan penyakit tersebut, kata dia, lantaran gaya hidup yang tidak sehat seperti penggunaan jarum suntik narkoba, dan lewat hubungan seks dengan sesama jenis.

“Kalau di Makassar yang terbanyak kasus akibat hubungan seks, hubungan seks yang tidak normal, lelaki suka lelaki, dan sebaliknya” ujar Naisyah.

Mengingat penyakit ini meningkat, Naisyah mengatakan akan melakukan sosialisasi, bekerja sama degan sejumlah NGO-NGO yang bergerak di bidang tersebut.

Selain itu, kelompok-kelompok yang ada di Kota Makassar dan rentan terjangkit dengan penyakit mematikan tersebut juga disebut akan turut disasar.

Naisyah pun mengimbau agar masyarakat  memeriksakan diri ke dokter. Hal itu untuk memutus mata rantai penyakit HIV itu ke orang lain.

“Datang periksa pastikan tidak terkena HIV,” pungkasnya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Tes Usap Massal di Kecamatan Makassar, Naisyah: Tidak Capai Target

Aktivis Perempuan Nilai Fatmawati Rusdi Figur Jempolan

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar