Kelompok Disabilitas di Sulsel Butuh Layanan Pendidikan yang Inklusif

disabilitas
YASMIB Sulawesi melalui Program Desa Melek Anggaran untuk Pembangunan Desa yang Inklusif dan Responsif Gender bekerjasama dengan Seknas FITRA dan KOMPAK atas dukungan DFAT Australia melaksanakan pekan pengaduan masyarakat, sebagai wadah serap aspirasi bagi masyarakat Desa Panaikang

Terkini.id, Pangkep – Proses Pekan Aspirasi di Desa Panaikang, Kecamatan Minasatene, Kabupaten Pangkep menemukan beberapa warga penyandang disabilitas belum bisa dilayani lembaga pendidikan.

Amalia Putri, perempuan yang menderita tuli (rungu wicara) berusia 18 tahun yang berdomisili di Dusun Leang Lonrong. Setelah tamat SD, tahun 2013 Amalia bermaksud mendaftar di SMP Balocci Pangkep.

Sekolah yang dimaksud letaknya tidak jauh dari Desa Panaikang. Namun pihak sekolah menolak menerima Amalia. Dengan alasan guru pendamping khusus tidak tersedia di sekolah tersebut.

Untuk mendaftar di sekolah lain, tidak dilakukan Amalia karena jarak yang jauh. Hingga saat ini Amalia pun tidak melanjutkan pendidikannya.

Jika diperhatikan secara seksama, Amalia memiliki potensi. Sesuai cerita orang tuanya, Amalia mudah mengingat pelajaran dan suka bersosialisasi. Dibuktikan dengan saat ini aktif di organisasi Remaja Masjid Desa Panaikang.

Amalia juga punya potensi merajut tas. Harapannya, pemerintah desa memberikan bantuan yang terkait dengan potensi dirinya. Amalia juga butuh alat pendengar.

Sangat disayangkan seorang anak disabilitas tidak dapat melanjutkan pendidikan, hanya karena ketidaksiapan dari pihak sekolah. Bukankah semua anak termasuk disabilitas berhak mendapatkan pendidikan.

Hal ini patut menjadi perhatian serius pemerintah dalam mewujudkan pendidikan untuk semua.

Penjangkauan warga marjinal sangat penting dilakukan oleh BPD dalam penggalian aspirasi/aduan untuk mewujudkan pembangunan desa yang responsive gender dan inklusif.

YASMIB Sulawesi melalui Program Desa Melek Anggaran untuk Pembangunan Desa yang Inklusif dan Responsif Gender bekerjasama dengan Seknas FITRA dan KOMPAK atas dukungan DFAT Australia melaksanakan pekan pengaduan masyarakat, sebagai wadah serap aspirasi bagi masyarakat Desa Panaikang.

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 23 – 27 September 2019 dengan tujuan untuk menggali dan mendapatkan aspirasi dan pengaduan dari masyarakat.

Laporan : Andri / Staf Yasmib Sulawesi

Berita Terkait
Komentar
Terkini