Kota Makassar Kini Punya Laboratorium Swab PCR, Bisa Mendeteksi Covid-19 Varian Baru

Terkini.id, Makassar – Penanganan Covid-19 di Kota Makassar diharapkan bisa makin cepat. Ini karena laboratorium PCR BSL di Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Daya Kota Makassar telah siap digunakan.

Wali Kota Makassar, Danny Pomanto mengatakan laboratorium ini disiapkan pemerintah Kota, lengkap untuk mendeteksi sampel Swab PCR, dengan sensitivitas tinggi yang mampu mendeteksi 4 varian baru Covid-19.

“Jadi kalau menggunakan alat PCR biasa, kalau delta tidak dapat dideteksi, dianggap negatif, di sini super sensitiv bisa mendeteksi varian baru yang bergeser dari pada virus Corona,” kata Danny saat melakukan peninjauan persiapan Laboratorium Makassar Recover, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Daya Makassar, Minggu 1 Agustus 2021.

Baca Juga: Target Pendapatan Kota Makassar Turun 400 Miliar pada APBD Perubahan...

Untuk operasionalnya, kata Danny, laboratorium biosafety level 2 (BSL) Ini, bakal menerima sampel selama 24 jam, atau jika dihitung bisa memeriksa sampai 1.200 sampel dalam sehari.

“Kita tinggal tinggal menunggu izin dari provinsi agar statusnya sebagai laboratorium bisa cepat keluar, agar ini bisa membantu,” jelasnya. 

Baca Juga: Pastikan Kesiapan dan Kondisi Kesehatan Pelajar, Pemkot Makassar Lakukan Simulasi...

“Sekali lagi, laboratorium PCR Test Covid-19 BSL-2 ini murni untuk membantu, bukan untuk gagah-gagahan. Saya sampaikan, jangan sampai ada lagi orang bereaksi berlebihan. Ini membantu di era Pandemi Covid-19 seperti ini,” tambahnya.

Danny menjelaskan nantinya laboratorium ini akan diperuntukan bagi setiap warga yang terdeteksi COVID-19 oleh Tim Detektor, tanpa dipungut biaya sepeserpun.

“Jadi semua orang yang dideteksi oleh detektor kalau ada warga yang sakit, maka tim Covid Hunter datang, semua biaya gratis kalau lewat detektor dan covid hunter, kalau mandiri, itu dia komersil,” terangnya.

Baca Juga: Pastikan Kesiapan dan Kondisi Kesehatan Pelajar, Pemkot Makassar Lakukan Simulasi...

Melalui posko yang akan dibuatnya pada tingkat RW dan kelurahan, Wali Kota Danny Pomanto meminta warganya untuk melapor jika ada yang sakit.

1 2
Selanjutnya
Bagikan