Langgar Aturan KPU, Ratusan Alat Peraga Kampanye Ditertibkan Satpol PP

satpol pp
Langgar Aturan KPU, Ratusan Alat Peraga Kampanye Ditertibkan Satpol PP

Terkini.id, Jeneponto – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemkab Jeneponto yang di back up Panwaslu Kecamatan Binamu menertibkan alat peraga kampanye (APK) dan Bahan Kampanye (BK) peserta Pemilu di wilayah Kecamatan Binamu, Selasa 8 Januari 2019.

Satpol-PP menertibkan APK dan BK yang melanggar sesuai dengan rekomendasi dari panitia pengawas pemilu (Panwaslu) Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto.

“Sejumlah anggota kita turunkan untuk menertibkan APK dan BK peserta pemilu atas dasar dari rekomendasi Panwaslu Kecamatan Binamu dan penerapan peraturan daerah nomor 4 tahun 2017 pasal 4 ayat 2,” kata Kadis Satpol PP dan Damkar Jeneponto, Aspa Muji.

Hal itu kata Aspa, bertujuan untuk menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat akan tanggung jawab keindahan lingkungan.

“Dilarang menempelkan, kain bendera atau kain bergambar, spanduk dan sejenisnya di sepanjang jalan, pada rambu-rambu lalu lintas, tiang penerangan jalan, pohon ataupun bangunan lain, fasilitas umum dan fasilitas sosial,” terangnya.

Sementara Pimpinan Panwaslu Kecamatan Binamu Kordiv Pengawasan, hubungan antar lembaga dan Humas Syarifuddin mengatakan penertiban APK dan BK yang dilakukan anggota Satpol PP merupakan hasil pengawasan pemasangan APK dan BK peserta pemilu 2019.

“Dari hasil pengawasan pemasangan alat peraga kampanye dan bahan kampanye, dari tanggal 27 Desember 208 sampai 3 Januari 2019 kita temukan kurang lebih 200 APK dan BK yang terpasang dilokasi terlarang, itu yang kita tindaklanjuti sesuai surat penyampaian Ketua Bawaslu Jeneponto nomor 247/K-SN-07/PM.00.00/XII/2018 tertanggal 26 Desember 2018,” ujar Syarifuddin.

Menurutnya, APK dan BK yang ditertibkan itu melanggar undang-undang nomor 7 tahun 2017 dan peraturan komisi pemilihan umum (KPU).

“APK dan BK tersebut tidak sesuai ketentuan PKPU nomor 33 perubahan kedua PKPU no 23 tahun 2018 Pasal 33 ayat 3, fasilitasi Alat Peraga Kampanye sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditetapkan dalam Keputusan KPU. Pemasangan APK dan BK yang ditertibkan itu terpasang di lokasi yang tidak sesuai dengan SK KPU nomor 061/PL.01.5-Kpt/7304/Kab./IX/2018 tentang penetapan lokasi pemasangan alat peraga kampanye pemilihan umum tahun 2019,” jelasnya.

Pada penertiban APK dan BK itu, Satpol PP menertibkan 167 APK dan BK yang terdiri dari 13 Baliho dan 154 banner.

Berita Terkait
Komentar
Terkini