Luhut Dorong Pemda Tayangkan E-Katalog Produk Lokal

Terkini.id, Jakarta – Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) meminta kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk memastikan kepada 496 pemerintah daerah (pemda) segera tayangkan katalog elektronik (e-katalog) produk lokalnya masing-masing.

Menurutnya, saat ini sudah ada 46 pemda yang menayangkan e-katalog lokal, dikutip dari Kompas.com pada hari Selasa 24 Mei 2022.

“Kami terus berupaya mendorong penayangan e-katalog lokal oleh seluruh pemda. Di sisi lain baru terdapat 46 pemda yang telah menayangkan e-katalog lokal,” ujar Luhut.

Baca Juga: Jumlah Utang Indonesia Rp7000 Triliun, Luhut Pandjaitan: Paling Terkecil di...

“Untuk itu kami mohon Kemendagri perlu memastikan 496 pemda segera menayangkan e-katalog lokal pada Selasa 31 Mei 2022,” tegas Luhut.

Luhut kembali menyatakan, bahwa penayangan e-katalog lokal ini selaras dengan perintah Presiden Joko Widodo yang telah menargetkan sebanyak 1 juta produk lokal untuk tayang di e-katalog pada 2022.

Baca Juga: Luhut Panjaitan sebut Indonesia Jadi Salah Satu Negara yang Punya...

Luhut menyebutkan, sejauh ini sudah sebanyak 340.342 produk lokal yang tayang di e-katalog per 24 Mei 2022.

“Terkait arahan Bapak Presiden untuk target 1 juta produk yang harus tayang di e-katalog pada 2022, dapat kami laporkan per 24 Mei hari ini sudah tayang 340.342 produk di e-katalog,” katanya.

Sebelum itu, Presiden Joko Widodo sudah menandatangani Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2022 Tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri Dan Produk Mikro, Usaha Kecil, Dan Koperasi Dalam Rangka Menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Pada Salinan Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Baca Juga: Luhut Panjaitan sebut Indonesia Jadi Salah Satu Negara yang Punya...

Salah satu poin penting yang ada di dalam Inpres Nomor 2 tersebut yakni menyusun roadmap strategi peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi.

Termasuk roadmap peningkatan jumlah produk dalam negeri menuju 1 juta produk yang akan tayang di dalam e-katalog.

 
 
Bagikan