Mari Berpartisipasi Aktif Input Data Keluarga Melalui Sensus Penduduk Online

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan
Sumber Foto: Antara News

Terkini.id, Jakarta – Dalam rangkaian kegiatan Sensus Penduduk 2020, Pemerintah Republik Indonesia melalui rilis Badan Pusat Statistik dan Kementerian Dalam Negeri melakukan Sensus Penduduk secara online. Sabtu 15 Februari 2020.

Mengutip Antara, Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, sensus Penduduk Online 2020 akan menjadi pertaruhan nama dan kredibilitas BPS. Beberapa inovasi telah kita buat, misalnya dengan memanfaatkan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sebagai data dasar dan penggunaan ‘multimode data collection’,” Jumat, 14 Februari 2020.

“Pada tahun ini, BPS menggunakan metode kombinasi (combine method) yang menggunakan data administrasi pendudukan dari Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) sebagai basis data dasar. Data administrasi Dukcapil tersebut menjadi dasar untuk menghasilkan satu data kependudukan,” jelas Suhariyanto.

Lebih lanjut dikatakan Suhariyono, berbeda dengan sensus penduduk sebelumnya.Sensus Penduduk 2020 kali ini petugas tidak dengan data kosong, tapi sudah memiliki basis data administrasi, sehingga nanti ketika wawancara sifatnya hanya konfirmasi saja.

Periode Sensus Penduduk Online (SP Online) dimulai pada 15 Februari-31 Maret 2020. Tentunya, sebagai warga negara yang baik silahkan melakukan pengisian data keluarga secara mandiri melalui website Badan Pusat Statistik.

Tidak lama kok, waktu pengisian data per orang rata-rata 5 menit. User cukup menyiapkan Kartu Keluarga/KTP/buku nikah/dokumen cerai/surat keterangan kematian, termasuk untuk anggota keluarga tambahan jika memungkinkan

Apabila ingin menyimpan data sementara silakan tekan tombol “simpan sementara” sebaliknya, apabila penginputan data dirasa lengkap dan ingin mengirim ke BPS silahkan klik fitur kirim.

Tidak usah cemas akan kebocoran data, sebab informasi yang kita berikan akan dijamin kerahasiaannya berdasarkan Undang Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik.

Partisipasi Warga Negara Indonesia akan membantu Pemerintah mendapatkan data kependudukan yang akurat dan mutakhir sehingga pengambilan kebijakan terkait kependudukan dan perencanaan pembangunan akan lebih baik.

Mari kita Semua turut berperan aktif dalam Sensus Penduduk Online 2020, mulai dari Keluarga sahabat data semua kemudian dengan cara getok tular ke saudara dan tetangga terdekat hingga tetangga jauh, klik linknya sensus.bps.go.id melalui perangkat yang terhubung dengan internet.

Dengan mengisi data kependudukan sendiri akan menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang arti penting data, dimulai dari informasi pribadinya.

Komentar

Rekomendasi

Kepala MTs. Darul Istiqamah Ponci Isi Pengajian Rutin di Panrita Yasmin

Bersama PLUT Sulsel, Naka Nusantara Gelar ToF UMKM

Latih Kemampuan Menulis Pegawai, IZI Sulsel Adakan Pelatihan Jurnalistik

Rekonstruksi Gaya Kepemimpinan, KKN Reguler Angkatan 64 UMI Laksanakan LDKS

Mahasiswa KKLP STKIP YPUP  Makassar  Gelar Turnamen Volley Ball Cup di Desa Dulitukan Lembata

Di Hari Lahir ke-14, PPMW Beri Bantuan ke Panti Asuhan Fatahillah

PP-IMPPAK Makassar Laksanakan Rapat Kerja, Ini Harapan Dewan Penasehat

Selain Obat Hati, Melalui Dzikir Supaya Manusia Mengenal Allah

FPM Simpul Pena Sulsel Lakukan Kunjungan Literasi

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar