Markobar dan Chilli Pari, Bisnis Kuliner Anak Presiden

Pengusaha muda, Gibran Rakabuming. Sumber: markobar1996.net

Terkini.id, Makassar — Gibran Rakabuming Raka, pria lulusan Management Development Institute of Singapore, merupakan salah satu sosok yang berada dibalik kesuksesan usaha kuliner Chilli Pari dan Markobar (Martabak Kotta Barat).

Awalnya Gibran merintis usaha kuliner atau catering yang diberi nama Chilli Pari pada akhir tahun 2010, di Kota Solo. Tempat kelahiran Gibran.

Gibran Rakabuming dan usaha cateringnya. Sumber: chilliparicatering.com

Ia dikenal dengan jiwa wirausaha yang kuat, serta kegigihan dalam membangun usaha kuliner. Meskipun awalnya, Gibran diminta meneruskan bisnis orangtuanya, di bidang properti.

Namun Gibran tetap memutuskan untuk membuka usaha kuliner. Menurutnya, usaha kuliner memiliki potensi yang lebih besar di Kota Solo.

Pengusaha muda, Gibran Rakabuming. Sumber: markobar1996.net

Setelah lulus, Ia tidak langsung bisa membangun usahanya. Karena kesulitan mencari modal. Selain tidak hanya ingin mewarisi usaha keluarga, Gibran juga tidak ingin memanfaatkan kekuatan modal orangtuanya. Apalagi, awalnya orangtua Gibran tidak setuju dengan tekadnya membuat usaha makanan.

Meski begitu, Gibran tetap menjalankan keinginannya. Tidak mau mendompleng nama besar sang ayah, Joko Widodo. Gibran mengawali bisnisnya dengan meminjam uang dari bank.

Gibran merintis Chilli Pari dengan susah payah. Hingga tidak jarang mengalami penolakan, karena saat itu usaha kulinernya masih sangat baru.

Setelah berhasil dengan catering Chilli Pari, Gibran berinisiatif merambah kuliner jajanan manis martabak. Akhirnya hadirlah Markobar. Singkatan dari Martabak Kotta Barat.

Martabak Kotta Barat. Sumber: markobar1996.net

Sebenarnya, Markobar sudah berdiri sejak tahun 1996 dengan konsep kaki lima. Markobar adalah bisnis keluarga generasi ke-2 yang dipegang oleh Arif Setyo Budi dan kemudian dikembangkan oleh Gibran Rakabuming Raka. Dan akhirnya menjadi mitra kerja.

Bekerja sama dengan mitra kerjanya dalam merintis Markobar, Gibran mempercayakan urusan dapur kepada mitranya itu. Gibran menjalankan segi pemasarannya dan memperkenalkan Markobar ke kota-kota besar di Indonesia.

Salah satu menu Markobar. Sumber: markobar1996

Sempat banyak yang mencemooh usaha yang dilakukan oleh Gibran, namun Ia tidak menghiraukan perkataan orang-orang yang meremehkannya. Ia terus mengembangkan bisnis kuliner yang menjadi passion-nya itu.

Kerja keras yang dilakukan Gibran memang pantas diacungi jempol. Ia tidak pantang menyerah mempertahankan usahanya. meskipun diremehkan dan sempat tidak mendapat restu dari orangtua.

Gibran Rakabuming adalah seseorang yang dikenal memiliki jiwa pengusaha, rajin, dan juga tegas dalam menjalankan bisnisnya. Serta penuh dengan ide-ide kreatif dan inovatif.

Inovasi varian menu dari Markobar. Sumber: markobar1996

Bahkan karena sifat yang dimilikinya ini, Ia tetap tidak mau menggunakan nama ayahnya yang sedang menjabat sebagai orang nomor 1 di negara Indonesia, untuk memperlancar usaha yang dimilikinya ini.

Gibran Rakabuming berhasil membuktikan bahwa untuk mewujudkan suatu kesuksesan, tidak harus mendompleng nama besar orang tua.

Gibran Rakabuming dan keluarga.

Gibran tetap gigih dan terus berusaha, meski dicemooh. Kepercayaan, optimistis, serta terus berinovasi dan kreatif dalam mempertahankan usaha yang dimiliki adalah kunci.

Komentar

Rekomendasi

Sosok Dadang Suhendi, Mantan Kakanwil ATR/BPN Sulsel di Mata Bawahannya

Dulu Urus Ban Mobil, Kini Sukses Jadi Desainer Aksesoris Kelas Dunia

Meski Punya Bisnis yang Sama, Karaeng Hilda: Sukses Bersama Lebih Indah

Daeng Naba dan Asal Usul Nama Warkop ‘Dottoro’

Kepala Madrasah Inspiratif Ini, Bawa MTsN I Jeneponto Raih Segudang Prestasi

Bupati Cantik Ini Ajak Perempuan Berkiprah di Ranah Politik

Puteri Indonesia Nadine: Ibu adalah ‘Institut’ Utama Bagi Anak

Pesan Bupati IDP di Hari Ibu: Karakter Ibunya adalah Pekerja Keras

Kisah Daeng Sija, Mantan Pegawai Warkop Dottoro yang Kini Jadi Juragan Kopi

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar