Makassar Terkini
Masuk

Undang Relawan, Muslim Arbi: Jokowi Jadikan Istana Sebagai Fasilitas Pribadi

Terkini.id, Jakarta – Muslim Arbi selaku Direktur Gerakan Perubahan memberikan pendapatnya terkait tindakan Jokowi yang mengundang para relawan ke Istana Kepresidenan Bogor.

Muslim Arbi menilai tindakan Presiden Jokowi ini sama saja menganggap Istana Bogor sebagai posko kemenangan.

“Jokowi kumpulkan relawan di Istana Bogor. Istana sudah berubah seperti posko pemenangan,” ujar Muslim Arbi saat dihubungi, dikutip dari rmol.id, Senin 1 Agustus 2022.

Menurut Muslim Arbi Presiden Jokowi telah menyalahgunakan wewenang sebagai kepala negara sebab Istana Bogor adalah tempat untuk menjalankan kegiatan kenegaraan bukan politik.

Oleh karena itu Presiden Jokowi dapat dianggap telah menggunakan fasilitas milik negara untuk kepentingan pribadi.

“Jika istana digunakan untuk tempat kumpul dengan relawan, Jokowi sudah jadikan istana sebagai fasilitas pribadi, untuk kepentingan politik pribadi,” tutur Muslim Arbi.

Muslim Arbi juga meminta kepada para anggota DPR RI untuk menegur aksi Jokowi yang membawa relawan pendukungnya ke Istana Bogor.

“Tidak bisa fasilitas negara digunakan seperti itu. Jika dibiarkan maka menteri-menteri, Gubernur atau bupati dan walikota jadikan sebagai contoh gunakan kantor kementerian, kantor gubernur, walikota dan bupati sebagai posko kepentingan politiknya masing-masing,” ungkap Muslim Arbi.

Diberitakan sebelumnya, pada hari Jumat 29 Juli 2022, Presiden Jokowi mengundang beberapa kelompok relawan ke Istana Bogor.

Rambun Tjahjo selaku Ketua Umum Sekretaris Nasional Jokowi mengatakan bahwa topik pembahasan  dalam pertemuan para relawan di Istana Bogor terkait dengan pemilu 2024 kelak.

“Yang penting juga disampaikan Presiden ke kita adalah menekankan sekali lagi tidak terpancing masuk dalam soal politik berkaitan dengan 2024,” kata Rambun Tjahjo saat dihubungi, dikutip dari cnnindonesia.com, Senin 1 Agustus 2022.

Selain membicarakan masalah politik dan pemilu, Presiden Jokowi juga menyinggung tentang krisis ekonomi dunia kepada para relawan yang hadir.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut berharap para relawan memiliki solusi untuk mengatasi krisis ekonomi yang sedang terjadi di beberapa negara.

“Meminta kita semua untuk membantu tetap bersama-sama Presiden untuk mendorong kelompok-kelompok masyarakat untuk bersiap-siap sembari juga mencoba memikirkan solusi secara bersama,” imbuh Rambun Tjahjo.