Pengurus Partai Jadi Direksi Perusda PDAM? Ini Kata Iqbal

PDAM Makassar
Penjabat Wali Kota Makassar, M Iqbal Samad Suhaeb

Terkini.id, Makassar – Penjabat Wali Kota Makassar, M Iqbal Samad Suhaeb menilai tak ada soal dengan pengurus partai politik yang mendaftar dalam Lelang Jabatan Direktur Utama PDAM Kota Makassar.

“Tidak apa-apa ikut aja. Selama nanti kalau terpilih harus mundur dari pengurus,” kata Iqbal, Selasa, 7 Januari 2020.

Iqbal menyebut setiap calon direksi dari partai politik boleh mendaftar. Namun, kata dia, dengan syarat bila terpilih harus mundur dari jabatan pengurus parpol.

“Boleh saja yang penting dia mundur kalau terpilih,” tegas Iqbal.

Sementara, Ketua Tim Seleksi Calon Direksi Perumda Air Minum Kota Makassar, Hayat Gani menegaskan untuk dapat diangkat menjadi dirut PDAM Kota Makassar maka terlebih dahulu mesti membuat surat pernyataan.

Menarik untuk Anda:

“Setiap calon dirut dari partai politik harus terlebih dahulu membuat pernyataan telah mengundurkan diri dari kepengurusan partai politik asal calon,” paparnya.

Ia menambahkan bahwa harus melampirkan surat keterangan dari pimpinan partai politik. Hal itu sesuai dengan butir 11 persyaratan umum pada pengumuman pansel calon direksi.

“Untuk dapat diangkat sebagai anggota direksi yang bersangkutan harus memenuhi syarat salah satunya adalah tidak sedang menjadi pengurus partai politik,” tegasnya.

Dia mengatakan proses seleksi merupakan tahapan dan bagian yang tidak terpisahkan dari syarat untuk dapat diangkat sebagai direksi Perumda Air Minum Kota Makassar.

“Oleh karena itu, calon dari partai politik harus terlebih dahulu mengikuti persyaratan, baik persyaratan umum maupun khusus. Bukan nanti terpilih baru mundur, tapi harus terlebih dahulu mundur baru diproses sebagai salah satu calon direksi jika mendaftarkan diri,” imbuhnya.

Hal tersebut sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang mengatur, baik PP Nomor 54 Tahun 2017 tentang BUMD, dan Permendagri Nomor 37 Tahun 2018 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Anggota Dewan Pengawas atau Anggota Komisaris dan Direksi BUMD dan Perda Nomor 7 Tahun 2019 tentang Perumda Air Minum Kota Makassar.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Turunkan Ekskavator Amphibi, Dinas PU Makassar Keruk Area UPTD Pelelangan Ikan Rajawali

Tak Mendukung Dilan di Pilwali Makassar, PDIP: Silahkan Mundur

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar