PPKM Diperpanjang, Ketahui Aturan Perjalanan Terkini Moda Transportasi

Terkini.id, Jakarta – Terkait perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2-4 di Pulau Jawa Bali, masyarakat yang melakukan perjalanan menggunakan pesawat udara, kereta api, mobil pribadi, dan moda transportasi lainnya, harus mematuhi aturan yang tertuang di Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 42 Tahun 2021.

Seperti diketahui, pemerintah memutuskan PPKM Jawa-Bali diperpanjang hingga Senin 20 September 2021. PPKM Jawa-Bali diperpanjang ini merupakan keputusan yang berulang sejak pandemi Covid-19 yang merundung pada Maret 2020.

Keputusan PPKM Jawa Bali diperpanjang disampaikan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan di kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin 13 September 2021.

Baca Juga: Angka Covid-19 Turun Drastis, John Hopkins University Sebut Indonesia Terbaik

PPKM Jawa-Bali kembali diperpanjang lantaran masih terjadi penambahan kasus Covid-19 setiap hari, kendati kondisi semakin membaik ketimbang bulan sebelumnya.

Sebelumnya, memasuki pertengahan September 2021 penanganan pandemi Covid-19 membaik. Penambahan kasus Covid-19 pun terus berkurang.

Baca Juga: Duh, Pertentangan Terhadap Vaksin Covid-19 di Amerika Serikat Semakin Keras

Seperti dilansir dari data Satgas Covid-19, hingga Senin 13 September 2021 ada tambahan 2.577 kasus baru yang terinfeksi virus corona di Indonesia. Sehingga, total menjadi 4.170.088 kasus positif Covid-19.

Sementara itu, jumlah yang sembuh dari kasus Covid-19 bertambah 12.474 orang sehingga menjadi sebanyak 3.931.227 orang. Adapun jumlah orang yang meninggal lantaran Covid-19 di Indonesia bertambah 276 orang menjadi sebanyak 139.165 orang.

Jumlah kasus aktif Covid-19 di Indonesia mencapai 99.696 kasus. Jumlah ini turun 10.173 kasus dari sehari sebelumnya.

Baca Juga: Wali Kota Makassar Aktifkan Kembali Program Home Care Dottorota

Bersamaan keputusan PPKM Jawa-Bali diperpanjang, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menerbitkan Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 42 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3 dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali. Inmendagri No 42 Tahun 2021 ini akan menjadi dasar aturan teknis bagi pelaksanaan PPKM Jawa-Bali hingga 20 September 2021.

Salah satu aturan dalam Inmendagri No 42 Tahun 2021 mengatur tentang syarat perjalanan dalam negeri untuk pengguna pesawat terbang, kereta api, mobil pribadi, dan lain-lain.

Berikut aturan perjalanan di dalam negeri menggunakan kereta api, pesawat terbang, mobil pribadi, dan lain-lain menurut Inmendagri No 42 tahun 2021:

Pertama, seluruh pelaku perjalanan wajib menunjukkan kartu vaksin Covid-19, minimal dosis pertama.

Kedua, untuk pelaku perjalanan yang menggunakan moda transportasi pesawat terbang wajib menunjukkan hasil negatif PCR yang sampelnya diambil maksimal H-2 keberangkatan.

Ketiga, untuk moda transportasi mobil pribadi, sepeda motor, bus, kereta api, dan kapal laut wajib menunjukkan hasil negatif antigen yang sampelnya diambil pada H-1.

Aturan perjalanan di atas hanya berlaku untuk kedatangan dari luar Jawa-Bali atau keberangkatan dari Jawa dan Bali ke luar Jawa dan Bali, serta tidak berlaku untuk transportasi dalam wilayah aglomerasi seperti wilayah Jabodetabek.

Adapun untuk perjalanan dengan pesawat udara antarkota atau kabupaten di dalam Jawa-Bali dapat menunjukkan hasil negatif antigen yang sampelnya diambil H-1 keberangkatan dengan syarat sudah memperoleh vaksinasi dosis kedua.

Namun, apabila baru memperoleh vaksin dosis pertama pelaku perjalanan harus menunjukkan hasil negatif PCR yang sampelnya diambil H-2 keberangkatan.

Selanjutnya, wilayah Jawa-Bali yang menerapkan PPKM level 4 transportasi umum seperti kendaraan umum, angkutan massal, taksi konvensional maupun online, dan kendaraan sewa/rental kapasitasnya dibatasi maksimal 50 persen dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Kemudian, aturan perjalanan pada wilayah level 3 kapasitas kendaraan dibatasi maksimal 70 persen. Sementara itu, pada wilayah level 2 diizinkan beroperasi dengan kapasitas 100 persen.

Itulah aturan perjalanan menggunakan kereta api, pesawat terbang, mobil pribadi, dan lain-lain menurut Inmendagri No 42 Tahun 2021. Ingat, aturan perjalanan ini berlaku selama PPKM Jawa Bali diperpanjang hingga 20 September 2021.

Selain mematuhi aturan perjalanan sesuai Inmendagri No 42 Tahun 2021, jangan lupa untuk tetap menjalankan protokol kesehatan. Pasalnya, kala PPKM Jawa Bali diperpanjang hingga 20 September 2021, berarti kasus penularan Covid-19 masih terjadi.

Bagikan