Resmi, PPKM Luar Jawa-Bali Kembali Diperpanjang Hingga 1 Agustus

Terkini.id, Jakarta – Dalam rangka penanganan Covid-19, pemerintah dengan resmi memberlakukan kembali Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di provinsi Jawa-Bali mulai hari ini, 5 Juli sampai 1 Agustus 2022 mendatang.

Melansir dari CNN Indonesia (Senin 4 Juli 2022), Direktur Jenderal Administrasi Wilayah Kemendagri Safrizal ZA mengumumkan perpanjangan PPKM ini pada Senin 4 Juli 2022. Pada sebelumnya, periode PPKM telah dilaksanakan pada 7 Juni sampai 4 Juli 2022.

Sama (Seperti PPKM Luar Jawa-Bali, diperpanjang sampai 1 Agustus),” ungkap Safrizal.

Baca Juga: Pemerintah Luncurkan Buku Vaksinasi Covid-19, Airlangga: Isinya Mencakup Inovasi Menghadapi...

Seluruh wilayah di Indonesia masuk kategori PPKM level 1. PPKM level 2 masih dilaksanakan oleh Kabupaten Teluk Bintuni di Provinsi Papua Barat.

Perpanjangan PPKM luar Jawa-Bali sampai 1 Agustus sebelumnya telah diumumkan oleh Menteri Perekonomian Airlangga Hartanto. Ia menyebutkan bahwa ada beberapa kabupaten atau kota yang masih di level 1 dan satu kabupaten berada di level 2.

Baca Juga: Karena Ini, Warga Korut Ramai-Ramai Ajukan Gugatan Cerai

Khusus pemberlakuan pembatasan kegiatan di luar Jawa-Bali akan diperpanjang dari 5 Juli sampai 1 Agustus yang terdiri dari 385 kabupaten/kota di level 1 dan hanya satu di level 2, yaitu Kabupaten Sorong, Papua Barat,” kata Airlangga.

Dengan itu, pemerintah tidak lagi memberikan kelonggaran untuk masyarakat membuka masker di ruangan terbuka. Selain itu, tempat ibadah seperti masjid, mushala, gereja, vihara serta tempat lain yang difungsikan sebagai tempat ibadah di daerah yang berstatus level 1 dapat melakukan ibadah keagamaan dengan kapasitas 100 persen.

Bagikan