Makassar Terkini
Masuk

Roy Suryo Disebut Tak Mau Dipenjara, Ajukan Penangguhan Penahanan, Polda Metro Jaya: Tergantung Penyidik!

Terkini.id, JakartaRoy Suryo disebut tidak mau dipenjara. Kemudian, Ia melalui kuasa hukunya mengajukan penangguhan penahanan lantaran masalah kesehatan. Namun, Polda Metro Jaya menegaskan semua itu tergantung keputusan penyidik! Selasa 9 Agustus 2022.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengaku pihaknya sudah menerima surat pengajuan penangguhan penahanan dari tim kuasa hukum Roy Suryo terkait dugaan penistaan agama dalam meme stupa Candi Borobudur, diedit mirip muka Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Mengenai permohonan itu, dirinya menyampaikan, keputusan penangguhan penahanan Roy Suryo masih menunggu keputusan dari penyidik.

“Permohonan penangguhan itu diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan kita, namun dalam memutuskan apakah permohonan itu bisa dikabulkan apa tidak ini penyidik yang memutuskan,” sebut Endra Zulpan di Jakarta, Senin 8 Agustus 2022, dilansir dari WartaEkonomi.co.id.

Zulpan menyebut, tim kuasa hukum Roy Suryo mengajukan penangguhan penahanan lantaran alasan kesehatan kliennya itu.

“Terkait dengan permohonan penangguhan penahanan dari pihak pengacara Saudara Roy Suryo untuk meminta penangguhan penahanan dengan alasan kesehatan yang bersangkutan,” ujar Zulpan.

Roy Suryo lewat kuasa hukumnya sudah mengajukan penangguhan penahanan, Sabtu 6 Agustus 2022. Kuasa hukum meminta supaya Roy Suryo dijadikan tahanan kota.

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga tersebut sudah ditahan soal dugaan penistaan agama pada meme stupa tersebut, diedit mirip wajah Widodo.

Roy Suryo ditahan setelah menjalani pemeriksaan lanjutan sebagai tersangka kasus itu, Jumat 5 Agustus 2022.

Di samping itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan juga menyampaikan Roy resmi ditahan sebagai tersangka ujaran kebencian.

“Penyidik memutuskan mulai malam ini, terhadap Roy Suryo Notodiprojo sebagai tersangka ujaran kebencian ini, mulai dilakukan penahanan,” sebut Endra Zulpan pada jumpa pers di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat 5 Agustus 2022.

Kemarin merupakan ketiga kalinya Roy Suryo diperiksa sebagai tersangka. Ia diperiksa sejak jam 13.00 WIB.

Pemeriksaan pertama Roy Suryo dilakukan pada Jumat 22 Juli 2022. Kala itu, Roy Suryo diperiksa selama 12 jam.

Empat hari berlalu, Roy Suryo kembali diperiksa pada Kamis 26 Juli 2022. Ia diperiksa selama sembilan jam.

Polisi juga sudah melakukan pemeriksaan kesehatan kepada Roy Suryo sebelum diperiksa. Hasil pemeriksaan kesehatan Roy Suryo menandakan kondisi mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) tersebut pada kondisi sehat.

“Setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan, hasilnya dinyatakan sehat dan saat ini sedang dilakukan pemeriksaan lanjutan terkait laporan yang telah dilayangkan,” ucap Zulpan.