Miris! Bendahara Umum PBNU Jadi Tersangka Kasus Korupsi, Warganet: Memalukan, Wajib Dimiskinkan!

Terkini.id, Jakarta – Mantan Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming saat ini telah ditetapkan sebagai tersangka. Dia tercatat memiliki harta sebanyak Rp 44,8 miliar selama menjabat sebagai Bupati pada 2018. LHKPN tersebut berisi harta Mardani pada 2017.

Secara terperinci, Mardani memiliki 39 bidan tanah dan bangunan yang tersebar di Tanah Bumbu dengan total nilai Rp 40.912.625.000 (Rp 40,9 miliar). Dia juga tercatat punya lima alat transportasi senilai Rp 1.152.500.000 (Rp 1,1 miliar)

Selain itu, Bendahara Umum PBNU ini juga tercatat memiliki harta bergerak lainnya Rp 325,5 juta, surat berharga Rp 790 juta, serta kas dan setara kas Rp 1.681.227.868 (Rp 1,6 miliar). Total hartanya mencapai Rp 44.861.852.868 (Rp 44,8 miliar).

Baca Juga: Tak Hanya Hambalang, Berikut Daftar Pembangunan Mangkrak di Kalimantan Akibat...

Sejalan dengan telah ditetapkannya ia menjadi tersangka, KPK tengah melakukan pencegahan padanya untuk ke luar negeri. Dia dicegah selama enam bulan ke depan.

“Betul (pencegahan Mardani H Maming) berlaku sejak 16 Juni 2022 sampai dengan 16 Desember 2022,” kata Kepala Subkoordinator Humas Ditjen Imigrasi Achmad Nur dilansir dari laman Detik pada Senin, 20 Juni 2022.

Baca Juga: Ketua Umum PBNU Akan Beri Bantuan Hukum Kepada Mardani H...

“(Berstatus) tersangka,” sambungnya.

Namun, dia belum menjelaskan Mardani berstatus tersangka dalam kasus apa. Mardani H Maming sendiri pernah diperiksa KPK terkait masalah dengan pemilik PT Jhonlin Group, Samsudin Andi Arsyad alias Haji Isam.

Mardani enggan menyebutkan detail perkaranya. Dia juga enggan menyebutkan apa saja yang telah ditanyakan oleh KPK.

Baca Juga: Ketua Umum PBNU Akan Beri Bantuan Hukum Kepada Mardani H...

Selain itu, kuasa hukum Mardani juga sempat menjelaskan soal pemeriksaan Mardani di KPK. Dia mengatakan Mardani dimintai keterangan terkait izin usaha pertambangan.

Menanggapi adanya hal ini, warganet turut memberi komentar di media sosial. Sebagiannya menyayangkan kasus yang menimpa jajaran petinggi PBNU ini.

“Politikus PDIP Mardani H Maming dikabarkan telah berstatus sebagai tersangka KPK. Bendahara Umum PBNU ini juga sudah dicekal ke luar negeri. Bikin malu partai dan Organisasi, orang² seperti ini jika terbukti harus dihukum seberat²nya dan dimiskinkan!” tulis akun @03__nakula.

Bagikan