Nama Siwi Widi Mendadak Populer Dalam Kasus Dugaan Suap Pajak, Siapa Ia?

Terkini.id, Jakarta – Nama Siwi Widi mendadak populer dalam media pemberitaan Indonesia. Mantan pramugari PT Garuda Indonesia tersebut memenuhi panggilan Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa 10 Mei 2022.

Siwi Widi Purwanti dipanggil sebagai saksi dalam kasus dugaan suap pajak dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dengan terdakwa mantan pejabat Ditjen Pajak Kemenkeu Wawan Ridwan di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat.

“Persidangan terdakwa Wawan Ridwan, hari ini tim jaksa KPK mengagendakan pemanggilan saksi Siwi Widi Purwanti,” ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dikutip dari laman Liputan6 pada Selasa 10 Mei 2022.

Baca Juga: Tak Hanya Hambalang, Berikut Daftar Pembangunan Mangkrak di Kalimantan Akibat...

Munculnya nama Siwi Widi dalam pusaran kasus dugaan suap pajak dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dimulai saat JPU membeberkan aliran dana suap mantan pejabat Kemenkeu pada KPK yang dikabarkan mengalir ke beberapa pihak.

Salah satunya yakni mengalir ke mantan pramugari Garuda Indonesia, Siwi Widi Purwanti. Dalam dakwaan terhadap Wawan Ridwan, jaksa menyebut adanya transfer uang sebanyak 21 kali kepada Siwi Widi dengan nilai keseluruhan sebesar Rp 647.850.000.

Baca Juga: Miris! Bendahara Umum PBNU Jadi Tersangka Kasus Korupsi, Warganet: Memalukan,...

Jaksa menyebut Siwi tergolong sebagai teman dekat dari anak kandung Wawan Ridwan, Muhammad Farsha Kautsar.  

“Mentransfer sebanyak 21 kali kepada Siwi Widi Purwanti selaku teman dekat Muhammad Farsha Kautsar sejumlah Rp 647.850.000.00,” ujar Jaksa KPK M Asri Irwan di Pengadilan Tipikor dikutip dari laman Liputan6 pada Rabu 26 Januari 2022.

Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK telah menerima pengembalian uang dugaan suap pajak dari mantan Pramugari PT Garuda Indonesia Siwi Widi Purwanti.

Baca Juga: Miris! Bendahara Umum PBNU Jadi Tersangka Kasus Korupsi, Warganet: Memalukan,...

Siwi mengembalikan semua uang yang diduga masuk ke rekening pribadinya.

“Dari informasi yang kami terima, saksi Siwi Widi, saat ini telah mengembalikan seluruh uang yang diduga dinikmatinya sebagaimana uraian surat dakwaan JPU terkait dengan perkara yang sedang tahap pemeriksaan di persidangan ini,” ujar Ali.

Ali mengatakan, pihak lembaga antirasuah itu mengapresiasi sikap kooperatif Siwi Widi, yang disebut turut menerima uang sebesar Rp 647.850.000 terkait kasus pajak.

Ali menaruh harapan besar pada Siwi Widi, nantinya ia bersedia memberikan keterangan secara langsung di persidangan perkara ini.

Siwi mengakuinya saat dihadirkan sebagai saksi dalam kasus suap pajak dengan terdakwa Wawan Ridwan di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa 10 Mei 2022.

Siwi mengaku saat diberikan uang tersebut dirinya tidak mengetahui sumber uang itu. Menurutnya, Farsha mempunyai usaha, tapi dia tidak mengetahui jelas apa usaha Farsha.

Dalam sidang ini, Siwi juga mengatakan dia sudah mengembalikan uang yang diberikan Farsha ke KPK. Uang itu diberikan ke penyidik setelah dia mendapat panggilan dari KPK.

Bagikan