Berikan Inovasi, Ketua Dekranasda Jeneponto Kunjungi Pengrajin Daun Lontara

Daun Lontara
Ketua Dekranasda Jeneponto Hj Hamsiah Iksan mengunjungi pengrajin Daun Lontara

Terkini.id, Jeneponto – Ketua TP PKK Kabupaten Jeneponto Hj Hamsiah Iksan dan Wakil Ketua TP PKK Hj Salmawati Paris mengunjungi pengrajin Daun Lontara di Kampung Bingung Ba’do Kelurahan Panaikang Kecamatan Binamu, Senin, 4 Maret 2019.

Kunjungan Hj Hamsiah Iksan yang juga Ketua Dekranasda diawali ke tempat pengrajin Bosara dan Tikar milik Daeng Puji (60).

“Kami ingin lihat seperti apa proses pengolahannya berikut ingin mengetahui juga seperti apa pemasaran dan kendala yang mereka hadapi,” kata Hamsiah Iksan saat mengunjungi pengrajin daun lontara di Bungun Ba’do Kelurahan Panaikang.

Hamsiah Iksan yang didampingi Wakil Ketua Dekranasda Hj Salmawati dan sejumlah anggota juga mengunjungi tempat pengelohan tuak (Ballo) menjadi gula merah.

“Bukan hanya batang dan daun lontara yang dapat menghasilkan kerajinan tangan, namun air tuaknya pun sangat bermanfaat dalam kesejahteraan masyarakat,” ungkap Hamsiah.

“Kalau nama Jeneponto-nya Ballo, ballo ini dapat diproses oleh masyarakat menjadi gula merah, hingga kini banyak warga yang mengolah ballo menjadi gula merah dan sangat menunjang ekonomi masyarakat Jeneponto,” tambahnya.

Hamsiah Iksan dorong pengrajin lebih kreatif dan inovatif

Ketua Dekranasda Jeneponto melakukan kunjungan ke pengrajin tangan dan pengelola gula merah untuk terus mendorong para pengrajin lebih kreatif dan inovatif.

“Para pengrajin tangan perlu perhatian dan dorongan agar mereka melahirkan karya-karya yang berkualitas dan mampu bersaing di pasaran, baik pasar lokal, nasional bahkan internasional,” harap Hj Hamsiah Iksan.

Berita Terkait
Komentar
Terkini