Masuk

Dorong Kemandirian Desa Melalui Wisata, Upaya Tingkatkan PAD Sulsel

Komentar

Terkini.id – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) mendorong kedaulatan ekonomi dari Desa. Sebagai wujud komitmen nyata Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman dalam mendukung kemandirian desa melalui potensi wisata di desa.

“Kita sekarang mendorong kemandirian desa dengan program Desa Andalan. Dengan melakukan spot pilot project potensi wisata di desa. Sebagai wujud mendorong kedaulatan ekonomi dari Desa,” jelas Andi Sudirman pada Pelantikan APDESI Susel di Baruga Pattingalloang, Makassar, Senin 22 Agustus 2022.

Pemprov Sulsel pun mendorong sejumlah potensi wisata di Desa. Bahkan Gubernur Sulsel menggelontorkan sejumlah Anggara bantuan keuangan untuk mendorong pengembangan potensi wisata di Desa.

Baca Juga: Realisasi Investasi Sulsel Mencapai Rp14,2 Triliun

Diantaranya bantuan keuangan senilai Rp8 miliar untuk mendukung revitallisasi kawasan wisata Rammang-Rammang di Kabupaten Maros; pengembangan wisata Buttu Macca di Kabupaten Enrekang; bahkan bantuan keuangan Rp20 miliar untuk mendukung pembangunan akses jalan menuju wisata Ollon di Tana Toraja.

“Tahun ini kita bangun beberapa wisata di Rammang-rammang, wisata Ollon, dan di wisata Buttu Macca. Kita harap dapat dikelola oleh masyarakat, yang akan berdampak pada PAD untuk Desa,” ungkapnya.

Dengan ini pula, diharapkan akan menggeliatkan sektor ekonomi dan pariwisata.

Baca Juga: Program Prioritas Gubernur Sulsel, Pemprov Sulsel Akan Bangun 11 Arsinum di Kepulauan dan Pesisir

“Kita harap dapat membangkitkan dan memulihkan pariwisata serta ekonomi. Kita harap melalui program Desa Andalan, akan berdampak pada terbangunnya kedaulatan ekonomi bagi masyarakat sendiri,” pintanya.