Hentikan Generasi Pengemis, Kadinsos Makassar Imbau Jangan Beri Uang

Terkini.id, Makassar –┬áKepala Dinas Sosial Kota Makassar Akhmad Namsum melarang masyarakat memberikan uang, barang, makanan, dan sejenisnya kepada pengamen, pengemis, dan gelandangan. Dengan begitu, ia menilai, kota akan menjadi nyaman dan tertib.

“Baik yang datang ke rumah, maupun di jalanan,” kata dia saat ditemui di kantor dinas sosial, Jalan Arif Rahman Hakim, Ujung Pandang Baru, Kecamatan Tallo, Makassar, Jumat, 12 Juli 2019.

Untuk itu, dia menjelaskan, pihaknnya akan terus berkoordinasi dengan pelbagai kalangan untuk memberikan pemahaman bahwa ada banyak cara untuk saling berbagi.

Baca Juga: Waspada, Berikut Ciri-Ciri Peminta Sumbangan Fiktif di Kota Makassar

“Bahwa ada banyak cara yang bisa dilakukan agar tidak menggangu kehidupan kota,” kata dia.

Akhmad sarankan beri sumbangan lewat lembaga resmi

Akhmad menyarankan bagi yang ingin memberikan sumbangan atau bersedekah kepada masyarakat kurang mampu, sebaiknya diberikan melalui lembaga resmi, seperti panti asuhan, mesjid, atau melalui Baznas.

Baca Juga: Bantuan Sosial Rawan Dimainkan, Dewan Sebut TKSK Dinsos Makassar Bekerja...

Mantan Plt Kepala Kesbangpol menyebut, kota menjadi semrawut kalau setiap saat pengemis masuk dari rumah ke rumah. Di sisi lain, dia menilai imbauan itu untuk memutus generasi pengemis di Kota Makassar.

“Bukan tidak mau menyumbang, tetapi tentu ada proses, ada orientasi, ada cara yang baik, benar dan bijak,” ungkapnya.

Kendati demikian, ia mafhum bahwa kondisi seperti itu merupakan dampak penyakit kota besar.

Baca Juga: Marak Gelandangan dan Anjal, Dinsos Makassar Akui Belum Lakukan Penindakan

“Kami rutin turun langsung. Memang kelihatan ada progres yang luar biasa. Paling tidak ada sesuatu yang berubah dari harapan kita,” ujar Akhmad.

Bagikan