Ini Cara Santuy Sembuhkan Duka Lantaran Kehilangan Orang Terkasih

Terkini.id, Jakarta – Ini cara santuy sembuhkan duka lantaran kehilangan orang terkasih. Pada saat genting seperti kondisi yang terjadi saat ini di Indonesia, yaitu angka kasus Covid-19 sedang meningkat, mendengar kabar duka berlalu-lalang di media sosial terasa amat mengganggu dan sangat menyedihkan. Mendengar kabar duka, tentunya selalu membuat hati sakit. Apalagi, jika kabar duka itu menimpa orang yang sangat dekat atau orang terkasih.

Dampak dari duka mendalam itu juga dapat memengaruhi banyak hal dalam hidup. Mulai dari hubungan dengan orang lain, pekerjaan, hingga kehidupan pribadi tanpa kita sadari.

Tanpa sadar, kita mulai memperlihatkan perilaku aneh dan perubahan mood, yang akan menghambat kehidupan pribadi dan profesional karier kita sendiri. Oleh karena itu, penting untuk segera terlepas dari trauma dan rasa kehilangan mendalam, serta memberi diri kesempatan untuk mengatasi dengan cara yang sehat tetapi santai alias santuy.

Baca Juga: Ketahui Penyajian Sayur Brokoli, Terbukti Dapat Turunkan Gula Darah Loh!

Berikut ini beberapa cara menyembuhkan luka hati dan duka dari kehilangan orang tersayang, seperti dilansir dari parapuan, Senin 12 Juli 2021:

Akui dan Terima Sajalah Keadaan

Baca Juga: Geger Video Pasangan Gancet, Ternyata Ada Penjelasan Medis dan Ilmiahnya...

Hal pertama yang harus dilakukan untuk melanjutkan hidup adalah mengakui dan menerima keadaan. Menerima kenyataan menjadi hal penting lantaran pemahaman itu akan membawa kita menuju hal-hal yang lebih baik dalam hidup.

Pasalnya, saat menerima situasi, perasaan kita menjadi lebih plong dan ringan sehingga roda hidup akan kembali bergerak, menantikan hal baik baru dalam hidup.

Memahami Emosi Diri

Baca Juga: Geger Video Pasangan Gancet, Ternyata Ada Penjelasan Medis dan Ilmiahnya...

Penting untuk mamahami setiap emosi yang kita alami. Jangan mengabaikan perasaan dan berusaha kuat. Ingatkan diri sendiri, terkadang kita harus membiarkan diri merasa rentan dan itu membutuhkan keberanian.

Tetaplah Berbicara Jangan Diam

Jangan kehilangan kontak dengan teman dan anggota keluarga. Komunikasikan dan bicarakan perasaan kita. Jika keadaan sudah tidak terkendali, cobalah untuk berkonsultasi dengan terapis. Terapi sangat membantu untuk menghadapi perasaan duka dan move on dari rasa kehilangan.

Pasalnya, dengan mendiskusikan perasaan, akan sangat membantu melampiaskan duka yang terpendam sehingga membuat hati terasa lebih ringan.

Lanjutkan Rutinitas seperti Biasa

Kembali ke rutinitas normal dan terus lakukan tugas harian seperti dulu. Kita juga dapat memulai hobi baru, misalnya mengekspresikan diri melalui melukis, mengikuti kelas musik atau menari. Dapat juga mengikuti bentuk seni apapun yang akan membantu menemukan kedamaian dan hiburan.

Keluar dan Berolahraga

Tetaplah berada di luar ruangan, menghirup udara segar, dan berolahraga secara teratur. Dengan ini, paru-paru dan jantung akan tetap sehat. Buat diri berkeringat dan salurkan semua energi yang ada untuk berolahraga. Hal ini akan melepaskan endorfin dan hormon bahagia dalam tubuh yang membuatmu tetap aktif.

Lakukan Apa yang Bisa Bikin Happy

Temukan lebih banyak alasan untuk tetap bahagia dan bikin happy. Buat diri dikelilingi dengan orang-orang yang mencintai dan menyayangi dengan tulus. Lakukan hal-hal yang benar-benar membuat bahagia, seperti pergi berkencan, berbelanja dengan teman-teman, mencari teman baru, atau keluar untuk minum kopi sendirian. Intinya, salurkan hal positif ke dalam diri.

Bagikan