Kekuatan Doa

Firdaus Muhammad. (terkini.id/hasbi) kolom firdaus muhammad
Firdaus Muhammad. (terkini.id/hasbi)

DOA menyatukan seorang hamba dengan sang khalik melalui dialog munajatnya. Hamba berada dalam posisi membutuhkan sementara sang khalik yang mengabulkan doa hamba-Nya.

Allah Swt menyeru hamba-Nya, “Berdoalah padaku niscaya akan kukabulkan” ! Demikianlah relasi hamba dengan Allah Swt melalui doa. Beragam hajat yang diuraikan hamba kala berdoa.

Doa memiliki kekuatan, seseorang senantiasa memiliki optimisme, asa-pengharapan doanya akan dikabulkan sesuai janji Allah Swt. Sebaliknya, diragukan keimanan seseorang sekiranya meragukan Allah tidak mendengar dan mengabulkan permohonannya. Namun kadangkala seorang hamba, tidak memahami bagaimana cara berdoa dan etikanya.

Kadangkala justru berdoa dengan menguraikan hajatannya tanpa diikuti perasaan butuh. Sekadar seremoni, bahkan kadang berdoa tanpa mengetahui substansi doa yang dipimpin imam shalat dengan mencukupkan diri mengucap amiiin.

Sejatinya seorang hamba kala berdoa menyadari sepenuhnya hajatannya pada Allah dan berdoa dengan sungguh-sungguh diserta keinginannya dikabulkan.

Tetapi tentu saja Allah tidak tunai, chash seperti halnya tansaksi di mall. Tetapi Allah memenuhi kebutuhan hamba-Nya melalui banyak hal dan hanya Allah yang mengetahuinya. Kadang seseorang meminta kekayaan materil, tetapi cukup diberi kesehatan, sebab sekalipun diberi uang melimpah tetapi selalu sakit dan membutuhkan biaya besar, selain tersiksa juga kekayaan terkuras.

Seseorang meminta jabatan, dalam doanya mengharapkan Allah segera membuka hati sang bos untuk memilihnya pada posisi yang diinginkan. Namun sampai pelantikan, namanya tidak masuk dalam jajaran pejabat baru yang dilantik. Mungkin kecewa pada Allah doanya tidak terkabulkan.

Kenyataannya, Allah menjawabnya dengan tidak memberinya jabatan sebab Allah hendak menyelamatkannya, dunia akhirat. Allah mengetahui, sekiranya menjadi pejabat kemudian melakukan tindakan korupsi lalu ditangkap KPK, bukan hanya dirinya yang berdosa-hina dan kehilangan jabatan serta dipenjara. Rasa malu juga menimpa saudara dan seluruh keluarganya di kampung.

Selain itu, setiap hamba harus menyadari bahwa sesungguhnya tidak ada yang tertolak meski Allah menjawabnya, atau mengabulkannya dengan cara lain.

Selain itu, sesungguhnya doa akan tertolak selama hati seseorang dipenuhi dosa, bahkan dalam darah dagingnya menyatu dengan makanan harta yang kelak menjadi daging. Hal tersebut menurut para ulama sufi, akan menghalangi doa tidak diterima.

Karena itu, sejatinya seseorang menyadari diri kala berdoa. Jangan sampai saat berdoa itu justru berada di rumah yang dibangun dari hasil korupsi, memakai baju hingga sarung yang bersumber dari yang haram, apalagi dalam tubuhnya terdapat darah dan daging yang tumbuh dari makanan haram yang telah mendarah daging.

Niscaya hal itu menjadikan doa tidak sampai kepada Allah Swt karena terhalang. Artinya, jika dianalogikan, seseorang jangan sampai mengharapkan balasan surat sementara suratnya sendiri tidak terkirim.

Jangan sampai kita berdoa dan mengharapkan segera Allah ijabah, tetapi sesungguhnya doa tidak sampai karena terhalang dosa, astagfirullah. Namun bagi orang beriman yang berhati bersih, doanya adalah kekuatannya untuk senantiasa berdialog dengan Allah dan keinginannya semata agar dicintai Allah, bukan hajat yang materil yang bakal menjauhnya dengan sang khalik, Allah Swt.

Firdaus Muhammad

Pembina Pesantren An-Nahdlah, Dosen UIN Alauddin Makassar dan Pengurus MUI Sulsel

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Opini

Catatan Dahlan Iskan: GE Way

Ada buku baru. Judulnya: American Trap. Indonesia banyak disebut di situ. Penulisnya baru saja bebas dari penjara Amerika. Setelah dihukum selama 30 bulan. Dianggap terlibat
Opini

Wim Poli: Kisah Cinta Tujuh Dekade

PERANG Dunia II mengantarkan Robins, prajurit AS berumur 24 tahun ke kota Briey, di Perancis Utara.Di sana ia berjumpa dengan seorang gadis Perancis, Jeaninne
Opini

Demo Hamil di Hong Kong

DIA hamil. Dia dibunuh. Di kamar hotel. Di luar negeri.Si pembunuh dijatuhi hukuman ringan. Hanya karena memiliki barang milik wanita yang dibunuh. Bukan karena
Opini

Demo Hong Kong

WAKTU saya transit di Hongkong beritanya sudah hangat: akan ada demo besar. Tanggal 9 Juni 2019.Waktu saya mendarat di Seattle, Amerika, saya baca: 1
Opini

Pesan-Pesan Lebaran di Kota New York

PADA hari Selasa, 4 Juni 2019 komunitas Muslim di kota New York melangsungkan Hari Raya Idul Fitri setelah sebulan penuh (29 hari) melaksanakan ibadah
Opini

Idul Fitri

PERAYAAN Idul Fitri merupakan rangkaian paripurna dari amaliah Ramadan. Umat Islam, bersama-sama keluarga tercinta menunaikan shalat idul fitri sebagai penanda penyucian jiwa setelah ditempah
Opini

Pemaaf

AMALAN cukup berat adalah memaafkan, apalagi memaafkan sebelum orang yang salah itu meminta maaf. Memohon maaf menjadi ucapan masyhur di momen lebaran.Momentum meminta maaf