Kekuatan Doa

Firdaus Muhammad. (terkini.id/hasbi) kolom firdaus muhammad
Firdaus Muhammad. (terkini.id/hasbi)

DOA menyatukan seorang hamba dengan sang khalik melalui dialog munajatnya. Hamba berada dalam posisi membutuhkan sementara sang khalik yang mengabulkan doa hamba-Nya.

Allah Swt menyeru hamba-Nya, “Berdoalah padaku niscaya akan kukabulkan” ! Demikianlah relasi hamba dengan Allah Swt melalui doa. Beragam hajat yang diuraikan hamba kala berdoa.

Doa memiliki kekuatan, seseorang senantiasa memiliki optimisme, asa-pengharapan doanya akan dikabulkan sesuai janji Allah Swt. Sebaliknya, diragukan keimanan seseorang sekiranya meragukan Allah tidak mendengar dan mengabulkan permohonannya. Namun kadangkala seorang hamba, tidak memahami bagaimana cara berdoa dan etikanya.

Kadangkala justru berdoa dengan menguraikan hajatannya tanpa diikuti perasaan butuh. Sekadar seremoni, bahkan kadang berdoa tanpa mengetahui substansi doa yang dipimpin imam shalat dengan mencukupkan diri mengucap amiiin.

Sejatinya seorang hamba kala berdoa menyadari sepenuhnya hajatannya pada Allah dan berdoa dengan sungguh-sungguh diserta keinginannya dikabulkan.

Tetapi tentu saja Allah tidak tunai, chash seperti halnya tansaksi di mall. Tetapi Allah memenuhi kebutuhan hamba-Nya melalui banyak hal dan hanya Allah yang mengetahuinya. Kadang seseorang meminta kekayaan materil, tetapi cukup diberi kesehatan, sebab sekalipun diberi uang melimpah tetapi selalu sakit dan membutuhkan biaya besar, selain tersiksa juga kekayaan terkuras.

Seseorang meminta jabatan, dalam doanya mengharapkan Allah segera membuka hati sang bos untuk memilihnya pada posisi yang diinginkan. Namun sampai pelantikan, namanya tidak masuk dalam jajaran pejabat baru yang dilantik. Mungkin kecewa pada Allah doanya tidak terkabulkan.

Kenyataannya, Allah menjawabnya dengan tidak memberinya jabatan sebab Allah hendak menyelamatkannya, dunia akhirat. Allah mengetahui, sekiranya menjadi pejabat kemudian melakukan tindakan korupsi lalu ditangkap KPK, bukan hanya dirinya yang berdosa-hina dan kehilangan jabatan serta dipenjara. Rasa malu juga menimpa saudara dan seluruh keluarganya di kampung.

Selain itu, setiap hamba harus menyadari bahwa sesungguhnya tidak ada yang tertolak meski Allah menjawabnya, atau mengabulkannya dengan cara lain.

Selain itu, sesungguhnya doa akan tertolak selama hati seseorang dipenuhi dosa, bahkan dalam darah dagingnya menyatu dengan makanan harta yang kelak menjadi daging. Hal tersebut menurut para ulama sufi, akan menghalangi doa tidak diterima.

Karena itu, sejatinya seseorang menyadari diri kala berdoa. Jangan sampai saat berdoa itu justru berada di rumah yang dibangun dari hasil korupsi, memakai baju hingga sarung yang bersumber dari yang haram, apalagi dalam tubuhnya terdapat darah dan daging yang tumbuh dari makanan haram yang telah mendarah daging.

Niscaya hal itu menjadikan doa tidak sampai kepada Allah Swt karena terhalang. Artinya, jika dianalogikan, seseorang jangan sampai mengharapkan balasan surat sementara suratnya sendiri tidak terkirim.

Jangan sampai kita berdoa dan mengharapkan segera Allah ijabah, tetapi sesungguhnya doa tidak sampai karena terhalang dosa, astagfirullah. Namun bagi orang beriman yang berhati bersih, doanya adalah kekuatannya untuk senantiasa berdialog dengan Allah dan keinginannya semata agar dicintai Allah, bukan hajat yang materil yang bakal menjauhnya dengan sang khalik, Allah Swt.

Firdaus Muhammad

Pembina Pesantren An-Nahdlah, Dosen UIN Alauddin Makassar dan Pengurus MUI Sulsel

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Opini

Selamat Jalan Mr Crack

DI dunia yang dihuni tujuh miliar penduduk, ada segelintir orang -- mungkin tak sampai selusin -- yang disebut dengan jenaka sebagai gipsy aeronautics. Orang-orang
Opini

Joshua Wong, Tokoh Utama Demo Hong Kong

IA ditangkap. Ia dibebaskan. Ia dilarang pergi ke luar negeri. Ia diizinkan pergi.Itulah hebatnya hukum di Hongkong. Peninggalan Inggris.Joshua adalah salah satu tokoh utama
Opini

Tentang Perlindungan Anak

INI kejadian tahun 2010. Sorang anak kecil datang menghampiri saya dan menawarkan payung untuk saya bisa menerobos hujan keluar dari stasiun BusWay. Saya tersenyum
Opini

Pemerintahan Yang Berubah

PERNAHKAH kita menyelami bahwa keberadaan pemerintah tidak lain dimaksudkan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.Namun, seringkali kita meragukan bahwa penyelenggaraan pemerintahan telah berjalan dengan
Opini

Mengenal Kaltim Calon Ibu Kota Kita

TAHUKAH anda bahwa satu satunya lahan di Kalimantan Timur yang tidak dikuasai penambang dan HTI (Hutan Tanaman Industri) adalah Balikpapan. Merujuk salinan Dinas Energi dan
Opini

Ibu Kota Baru

SAYA tahu lokasi itu. Yang direncanakan jadi ibu kota baru Republik Indonesia itu. Yang kemarin diumumkan sendiri oleh Bapak Presiden Jokowi itu.Di Kaltim ada
Opini

Tanda-tanda Resesi

17 Agustus tahun ini.Tiga hari sebelumnya.Jam 6 pagi waktu New York.Itulah hari pertama kurva terbalik: yield bond jangka panjang lebih rendah dari yield bond
Opini

74 Tahun Indonesia, Merdeka dalam Penindasan

TANGGAL 17 Agustus 2019, bangsa Indonesia dari Sabang sampai Marauke memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 tahun.Berbagai macam bentuk kegiatanpun dilakukan dalam rangka