Polisi Sudah Menyerahkan Hasil Penyelidikan Soal Polemik Pilkades Jenetallasa

Kasat Reskrim Polres Jeneponto, AKP Boby Rachman/Syarief

Terkini. id,Jeneponto – Polemik diskualifikasi yang dilakukan panitia pilkades Jenetallasa, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto terus bergulir.

Salah seorang bakal calon kepala desa, Abd Salam didiskualifikasi oleh Panitia Pilkades Desa Je’netallasa karena dugaan desakan dari Plt Desa Je’netallasa, M Tahir yang menduga adanya pemalsuan dokumen.

Akibat didiskualifikasi oleh Panitia Pilkades Desa Je’netallasa, Abd Salam menempuh jalur hukum dengan melaporkan panitia Pilkades Je’netallasa kepihak kepolisian.

Sehingga penetapan calon Kepala Desa Je’netallasa ditunda oleh Panitia Pilkades tingkat Kabupaten Jeneponto.

Kasat Reskrim Polres Jeneponto, AKP Boby Rachman, yang dikonfirmasi terkini.id, Kamis, 10 Oktober 2019 lewat pesan WhatsAppnya, mengaku sudah menyerahkan hasil penyelidikan dugaan pemalsuan dokumen ke PMD.

“Sudah kami sampaikan kepada panitia Kabupaten, dalam hal ini PMD Jeneponto,” kata AKP Boby Rachman.

Sementara itu, Ketua Panitia Pilkades tingkat Kabupaten Jeneponto, mengatakan, sesuai hasil rapat, disepakati untuk menyurati panitia Pilkades Desa Je’netallasa dan mendorong masalah itu untuk dibahas oleh Forkopinda Jeneponto.

“Kita sudah menyurati panitia desa di Je’netallasa, dengan memberikan waktu satu hari untuk membalas surat tersebut, namun sampai hari ini tidak ada balasan surat yang kami kirim,” kata Makmur Sijaya.

Dia juga menyampaikan sementara menunggu Sekda untuk membahas masalah tersebut,” kita juga menunggu Pak Sekda, karena kita dorong ke Forkopinda,” ungkapnya.

Dimana berdasarkan hasil penyelidikan pihak kepolisian yang tertuang dalam pemberitahuan perkembangan penanganan kasus dugaan tindak pidana pencemaran dengan menyebut (fitnah) nomor B/185/X/Res.1.14/2019/Reskrim.

Dimana dapat disimpulkan bahwa untuk sementara belum ditemukan fakta hukum saudara Abdul Salam Bin Mahmud melakukan tindak pidana pemalsuan.

Anehnya, Panitia Pilkades tingkat Kabupaten Jeneponto, tidak mengambil keputusan sampai saat ini, padahal kempat bakal calon kepala desa Je’netallasa menyepakati Abd Salam diloloskan untuk menjadi calon kepala desa Je’netallasa.

“Kami sudah menghadap ke Ketua Panitia Pilkades Kabupaten, menyampaikan kesepakatan kami agar Abd Salam diloloskan,” kata salah seorang calon kades Je’netallasa, Basir Suaming.

Berita Terkait
Komentar
Terkini