Satpol PP Pertanyakan Komitmen Disdag Ihwal Penindakan Gudang Dalam Kota, Ada Apa?

Satpol PP Makassar
Kepala Bidang Pengawasan dan Penindakan Pelanggaran Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Makassar, Syahruddin

Terkini.id, Makassar – Setelah gagal beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Makassar kembali menjadwalkan ulang penertiban sejumlah gudang dan perusahaan ekspedisi yang masih beroperasi dalam kota.

Kepala Bidang Pengawasan dan Penindakan Pelanggaran Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Makassar, Syahruddin mengatakan untuk penertiban selanjutnya pihaknya menyerahkan sepenuhnya ke Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

“Jadi tindak lanjut dari penertiban gudang dan ekspedisi kita serahkan ke Satpol PP, sehingga domain penertibannya sudah berada di tangan satpol,” kata Syahruddin, Selasa, 22 Oktober 2019.

Selain itu, jadwal dan waktu penertiban juga wewenang Satpol PP. Dia mengatakan hal itu berdasarkan kesepakatan saat rapat beberapa hari lalu bersama sejumlah pihak.

“Pokoknya kita serahkan semua ke satpol, itu kesepakan kita saat rapat kemarin,” terangnya.

Menarik untuk Anda:

Sementara, Kepala Satpol PP Kota Makassar Iman Hud menanggapi berbeda, pasalnya wewenang penataan gudang dan ekspedisi berada di Dinas Perdagangan.

Namun, kata dia, sebagai penegak Perda Satpol PP tentu akan terlibat dalam persoalan tersebut, hanya saja, Iman mengatakan, sampai saat ini pihaknya menunggu surat resmi dari Disdag sebagai acuan hukum saat melakukan penindakan.

“Kita juga masih menunggu koordinasi dengan pihak Perindag sampai saat ini. Kita juga mau ada surat dari Disdag sebagaimana protap sebelumnya,” jelas Iman.

Selain itu, Iman juga meminta Disdag untuk ikut serta dalam penindakan Gudang dan Ekspedisi, sebab Satpol dan Disdag merupakan kesatuan dalam tim.

Menurut Iman, pihak Disdag tidak boleh lepas tangan dalam penindakan tersebut, mereka (Disdag) juga harus terlibat dan turun langsung dalam penertiban.

“Kita tidak tau seperti apa dilapangan dalam penertibannya, kita juga tidak tau seperti apa gudang dan ekspedisi yang dimaksud sehingga sangat dibutuhkan pihak disdag ikut dalam penertiban,” ujarnya.

Iman juga meminta dalam penertiban nantinya pihak Disdag dapat menyampaikan berita acara penyegelan dilokasi saat penertiban berlangsung.

Kendati demikian, ia mengatakan hingga saat ini belum menentukan jadwal dan waktu mengenai penertiban sebelum ada surat dan keterlibatan Disdag dalam penindakan.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Dana Covid-19 Tak Transparan, DPRD Makassar Akan Selidiki Sisa Anggaran

Paham Masalah Pertanian, Ini Janji Appi-Rahman Jika Diamanahkan Pimpin Makassar

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar