Makassar Terkini
Masuk

Sebanyak 306 Tenaga Kesehatan di Makassar Ikuti Pelatihan Penggunaan Alat GeNose

Terkini.id, Makassar – Sebanyak 306 tenaga kesehatan mengikuti pelatihan ihwal penggunaan alat GeNose di Kota Makassar. Bimbingan teknis tersebut berlangsung di Hotel Four Points by Sheraton.

Berdasarkan pantauan, para petugas mengikuti arahan dari pemandu ihwal penggunaan alat GeNose. 

Para petugas tampak antusias mengikuti pelatihan tersebut. Pendeteksi Covid-19 dengan metode embusan nafas ini dinilai memiliki akurasi yang tinggi dalam melacak kasus. 

Tenaga kesehatan mengikuti pelatihan ihwal penggunaan alat GeNose di Kota Makassar

Sebab itu, pemerintah kota bakal menggunakan alat tersebut untuk menyisir kasus dari rumah ke rumah.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Hadijah Iriani menyebut pelatihan alat GeNose tersebut untuk persiapan tes GeNose di kelurahan. 

“Masing-masing satu kelurahan satu alat GeNose, tujuannya untuk screening kesehatan masyarakat,” kata Iriani, Senin, 28 Juni 2021.

Para medis dan Detektor Covid-19 yang berjumlah 15.306 bakal menggunakan alat GeNose sebagai alat screening kesehatan bagi 300 ribu rumah di Kota Makassar atau 1,5 juta jiwa.

Pelatihan ini, kata Iriani, untuk operasional petugas GeNose yang terdiri dari petugas kelurahan dan para medis di puskesmas.

“Kami minta 1 kelurahan 1 operator, 153 dari kelurahan, dan masing-masing Puskesmas itu 3 agar bisa bergantian proses pemeriksaannya,” tuturnya.

Nantinya GeNose tersebut bakal disimpan di center kesehatan yakni kontainer. Namun, hingga saat ini kontainer di kelurahan belum tersedia, sebab itu untuk sementara dialihkan ke kantor kelurahan.

“Untuk sementara di tempatkan di kantor kelurahan, tesnya di kantor lurah sambil dibenahi ini,” tutupnya.