Makassar Terkini
Masuk

Alasan Mengapa Motif Pembunuhan Brigadir J Tidak Diungkap

Terkini.id, Jakarta – Setelah terungkapnya otak di balik pembunuhan Brigadir J yaitu Irjen Ferdy Sambo. Namun, terkait hal itu motif di balik kasus ini masih belum diungkapkan oleh Polisi. 

Hal ini menjadi pertanyaan bagi publik mengapa motif pembunuhan Brigadir J tidak dipublikasikan. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Kemanana, Mahfud MD menjelaskan hal tersebut. 

“Karena itu sensitif, mungkin hanya boleh didengar oleh orang-orang dewasa,” ungkap Mahfud MD Rabu 10 Agustus 2022. 

Namun terkait hal ini, pihak polisi menyatakan akan mengumumkan hal ini kepada publik setelah dilakukan pendalaman.

“Kalau (pendalaman) sudah selesai akan disampaikan,” ujar Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri Irjen Dedi Prasetyo Rabu 10 Agustus 2022. 

Sementara itu, menurut tanggapan ahli,  Dosen Fakultas Hukum UNS dan Direktur LKBH FH UNS Dr. Agus Riwanto mengatakan alasan belum diungkapnya motif pembunuhan yaitu tahapannya belum selesai. 

Tahapan-tahapan tersebut diantaranya tahap penyelidikan, tahap pelimpahan perkara ke jaksa penuntut umum dan seterusnya. 

Terkait hal itu ada batasan penyampaian ke publik saat tahapan perkara belum usai. Selaik itu ada dua aspek dalam penyamapaian. 

Aspek pertama yakni tidak menganggu asas praduga tak bersalah. Kedua adalah tak menjustifikasi opini publik agar jangan sampai seseorang dihukum oleh opini publik sebelum diputuskan oleh pengadilan. 

Dan menurutnya pernyataan utuh yang bisa menyampaikan hal ini hanyalah penyidik Polri.

“Kita tunggu saja Polisi akan menyampaikan apa,” kata Agus Rabu 11 Agustus 2022. 

(Sumber : Kompas.com)