Makassar Terkini
Masuk

Disebut Syiah, DS Bagikan Foto Herry Wirawan Anggota Forum Pesantren Salafiyah

Terkini.id, Jakarta – Perilaku bejat oknum guru pesantren, Herry Wirawan, yang memperkosa 12 santriwatinya menarik reaksi banyak pihak. Belakangan, muncul dugaan bahwa Herry Wirawan adalah penganut Syiah.

Tudingan ini banyak dibantah sejumlah buzzer di media sosial. Penggiat media sosial, Denny Siregar, misalnya membagikan foto yang di dalamnya ada pria diduga Herry Wirawan.

Dalam foto tersebut, Herry Wirawan diketahui bersama sejumlah pengurus Forum Komunikasi Pendidikan Kesetaraan Pesantren Salafiyah.

“Kasihan syiah, disalahkan terus kalo ada yang bejat2 untuk kaburkan identitas,” tulis Denny Siregar.

Hal yang sama juga dibagikan aktivis Nahdlatul Ulama (NU) sekaligus politisi PSI, Muhammad Guntur Romli. Dia juga ikut mengungkap bukti yang menyebut bahwa HW bukanlah seorang yang bermazhab Syiah.

Pria yang akrab disapa Gun Romli itu melalui cuitannya di Twitter, mengungkap bahwa Herry Wirawan adalah Ketua Forum Komunikasi Pendidikan Kesetaraan Pesantren Salafiyah.

Dia lantas menyebut, tidak ada seorang penganut mazhab Syiah yang memakai istilah ‘Salafiyah’. 

Maka itu, tidak benar kata dia jika Herry Wirawan merupakan seorang muslim Syiah“Herry Wirawan adalah Ketua Forum Komunikasi Pendidikan Kesetaraan Pesantren Salafiyah. Mana ada Syiah pakai istilah Salafiyah,” cuitnya dikutip Hops.ID pada Jumat 10 Desember 2021.

Dalam cuitannya, Gun Romli juga melampirkan sebuah artikel berita soal pengukuhan pengurus Forum Komunikasi Pendidikan Kesetaraan Pesantren Salafiyah, di mana terdapat potret HW di dalamnya. 

Herry nampak berdiri di barisan depan dengan mengenakan peci hitam sembari memegang map hijauKemudian, Gun Romli mengatakan bahwa praktik memperkosa atau mencabuli tanpa pernikahan yang dilakukan Herry Wirawan persis dengan praktik ‘milkul yamin’ yang dilakukan ISIS. Kelompok ISIS sendiri, seperti diketahui, menentang Syiah.

“Praktik memperkosa/mencabuli (dan tanpa pernikahan) santriwati persis praktik ‘milkul yamin’ yg dilakukan oleh ISIS,” ujarnya“‘Milkul yamin’ artinya budak, yang dianggap sebagai ‘hak milik’, selain ISIS, TKW kita yang diperkosa di negeri Arab, oleh tuannya juga dianggap sebagai ‘milkul yamin’, menganggap wanita-wanita itu sebagai budak,” tambah Gun Romli. budak,” tambah Gun Romli.

Herry Wirawan dituduh anut mazhab Syiah

Sebelumnya, beredar tuduhan yang menyebut bahwa Herry Wirawan (HW), guru pesantren yang mencabuli 12 santriwatinya adalah seorang Syiah dan menyebarkan paham Syiah di pesantren yang diasuhnya.

Hal itu diungkapkan oleh seorang warganet yang tidak diketahui namanya di sebuah grup WhatsApp. Si warganet itu mengaku bahwa dia tinggal dekat dengan pesantren yang diasuh oleh Herry, bahkan jaraknya hanya terhalang oleh tiga rumah saja.

Dia pun mengatakan bahwa pesantren yang diasuh oleh HW mengajarkan faham Syiah. Maka itu, pesantren itu juga mengajarkan soal nikah mut’ah.

“Pesantren ini faham Syiah makanya sudah kejadian dari tahun 2016 karena emang ajaran nikah mut’ah, makanya si santriwatinya gak ada yang berani speak up atau minta tolong sama warga,” ujar warganet tersebut.

“Si santri udah didoktrin sama ajaran Syiah makanya bisa sampe ada yang melahirkan 2 kali. Dan warga pun ga ada yang curiga satu pun karena emang adem-adem aja,” imbuhnya.

Tak berhenti sampai di situ, si warganet tersebut juga mengatakan bahwa di pesantren yang diasuh oleh HW itu juga terdapat kamar khusus untuk praktek nikah mut’ah. Kunci dari kamar itu, tambahnya, hanya diketahui oleh si Herry.

“Bahkan di pesantren itu ada satu kamar tempat praktek nikah mut’ah. Kunci kamarnya pun pakai kode si gurunya itu,” ujar orang itu.

“Kenapa bisa ketahuan karena ada satu santri baru yang ga bisa nerima ajaran begitu, makanya dia speak up ke keluarganya,” tambahnya.

Dalam chat yang lain, si warga yang mengaku tinggal di dekat pesantren tersebut juga mengungkap bahwa pesantren itu merupakan cabang pesantren Syiah terbesar di Bandung.

Kendati demikian, tak diketahui pasti kebenaran dari pengakuan warga tersebut. Pihak berwenang pun belum mengungkap apakah pesantren yang diasuh oleh Herry Wirawan alias HW mengajarkan paham Syiah atau tidak. Yang pasti pengakuan itu sudah tersebar di berbagai media sosial dan viral di Twitter maupun Facebook