Makassar Terkini
Masuk

Pengakuan Bharada E: Ferdy Sambo Pegang Pistol, Brigadir J Bersimbah Darah

Terkini.id, Jakarta – Pengacara Bharada E, Deolipa Yumara membenarkan kabar terkait kesaksian kliennya melihat Mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo memegang pistol di samping jasad Brigadir J yang sudah bersimbah darah.

Menurut Deolipa, kesaksian dari Bharada E soal Ferdy Sambo pegang pistol di samping jasad Brigadir J itu sudah dituangkan ke Berita Acara Pemeriksaan (BAP) terbaru.

“Iya seperti itu,” kata Deolipa Yumara saat dihubungi Tempo, seperti dikutip Terkini.id dari Tempo.co pada Senin 8 Agustus 2022.

Pada kesaksian sebelumnya saat diperiksa aparat, Bharada E mengaku terlibat tembak menembak dengan Brigadir J.

Saat itu, Bharada E alias Richard Eliezer mengaku mendengar suara jeritan istri Ferdy Sambo yakni Putri Candrawathi dari dalam kamar.

Bharada E yang berada di lantai dua kemudian berlari menuju tangga. Ia sempat bertanya kepada Brigadir J namun dibalas dengan tembakan.

Ajudan Ferdy Sambo itu pun juga membalas dengan tembakan hingga Brigadir J alias Joshua Hutabarat tersungkur bersimbah darah di sebelah tangga.

Namun, belakangan diketahui bahwa kesaksian awal dari Bharada E itu tidak benar lantaran telah diskenariokan.

Menurut Deolipa Yumara, bukan tanpa sebab kliennya itu membuat pengakuan bohong selama pemeriksaan yang dilakukan oleh pihak yang bertugas.

Deolipa mengatakan, kliennya itu terpaksa berbohong lantaran mendapat tekanan dari luar yang mengharuskan Bharada E untuk mengikuti skenario yang telah dibuat oleh atasan.

“Salah satunya disampaikan skenario tembak-menembak, Bharada E karena bela paksa, ditembak oleh Brigadir J, kemudian dia membalas. Itu salah satunya, ternyata tidak begitu kejadiannya,” kata Deolipa, dikutip dari Tvonenews.

Selain itu, Deolipa juga mengungkapkan bahwa Bharada E yang merupakan ajudan Ferdy Sambo telah mengaku bahwa perbuatannya terhadap Brigadir J berdasarkan perintah langsung dari atasannya yang selama ini dia jaga.

“Ya. Dia diperintah oleh atasannya langsung. Atasan yang dia jaga,” ujarnya.

Hingga berita ini ditayangkan, belum ditemukan tanggapan dari pihak Ferdy Sambo maupun aparat kepolisian terkait kesaksian Bharada E tersebut.