Makassar Terkini
Masuk

Terpilih Jadi Peserta IVLP 2022, Direktur WALHI Sulsel Diundang ke Amerika

Terkini.id, Makassar – Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Daerah Sulawesi Selatan, Muhammad Al Amin, pada akhir Juli 2022 akan berangkat ke Amerika Serikat. 

Ia diundang oleh Pemerintah Amerika Serikat untuk mengikuti program IVLP tahun 2022 dengan tema advokasi lingkungan di area industri. 

Dalam keterangan persnya, Kamis 7 Juli 2022, Amin mengatakan telah mendapatkan surat undangan dari kedutaan besar Amerika Serikat di Jakarta.

Ia akan berangkat ke Amerika pada tanggal 29 Juli 2022 dan akan berada di Amerika selama 19 hari. 

“Kedutaan besar Amerika telah mengirim surat kepada saya dimana isinya bahwa saya diundang ke Amerika untuk menjadi salah satu peserta program IVLP. Saya akan berangkat ke Amerikapada tanggal 29 Juli mendatang dan berada di Amerika selama 19 hari,” ujar Amin. 

Amin juga menjelaskan agendanya selama di Amerika, Ia mengatakan akan banyak mengikuti pertemuan-pertemuan resmi dengan pemerintah, lembaga pendidikan, komunitas budaya, lembaga keagamaan, masyarakat adat dan NGO lingkungan di Amerika. 

Selain itu, dirinya juga akan mengunjungi beberapa negara bagian di Amerika untuk megetahui bagaimana pengelolaan lingkungan di negara paman sam tersebut.

“Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari Konjen Amerika, selama di sana saya akan saling bertukar pengalaman dan saling belajar tentang pengelolaan lingkungan, baik dengan pemerintah Amerika, maupun dengan lembaga-lembaga non pemerintah yang ada di Amerika,” tuturnya.

Oleh karena itu, kata dia, WALHI Sulsel akan memanfaatkan momentum yang sangat penting dan bersejarah ini untuk menjelaskan kerja-kerja perlindungan dan penyelamatan lingkungan yang telah dikerjakan selama 5 tahun terakhir.

Serta inovasi dan kolaborasi yang dilakukan WALHI Sulsel dalam menjaga kehidupan masyarakat dan lingkungan hidup.

“Kesempatan ini sangat langka dan penting, maka kami akan memanfaatkan kegiatan ini untuk menjelaskan ke pemerintah maupun lembaga non pemerintah di Amerika terkait kerja-kerja perlindungan lingkungan yang sedang kami kerjakan saat ini dan rencana-rencana WALHI Sulsel kedepan, sehingga saya berharap dukungan masyarakat Amerika kepada WALHI sulsel semakin besar dan kuat,” tutup Amin.

Sebagai informasi IVLP adalah singkatan dari International Visitor Leadership Program. IVLP adalah program bergengsi yang digagas oleh Departemen Urusan Pendidikan dan Kebudayaan Amerika sejak tahun 1940. 

Program ini menyasar orang-orang, khususnya pemimpin yang memiliki pengaruh dan kontribusi besar di bidangnya masing-masing. Lebih dari 320 alumni IVLP saat ini sedang atau pernah menjadi pemimpin negara.