Makassar Terkini
Masuk

Ahmad Khozinudin: Jika Pembunuhan Brigadir J Sepengetahuan Ferdy Sambo, Dia Bisa Kena

Terkini.id, Jakarta – Advokat Muslim, Ahmad Khozinudin menyebut apabila pembunuhan terhadap Brigadir J atas sepengetahuan Irjen Ferdy Sambo maka mantan Kadiv Propam Polri itu bisa ditetapkan sebagai tersangka.

Hal terkait pembunuhan Brigadir J dan Ferdy Sambo itu diungkapkan Ahmad Khozinudin lewat videonya yang tayang di kanal YouTube pribadinya, seperti dilihat Terkini.id pada Senin 8 Agustus 2022.

Dilihat dari video berjudul ‘Brigadir RR Tersangka, Sambo Kapan Nyusul!?’ tersebut, Ahmad Khozinudin menyebut soal kemungkinan Ferdy Sambo ikut ditetapkan jadi tersangka.

Menurut Ahmad, hal itu secara normatif harus menunggu hasil pengembangan penyidikan dari aparat penyidik.

“Apakah kasus ini bisa sampai ke Ferdy Sambo menjadi tersangka? Secara normatif yah kita tinggal tunggu pengembangan penyidikan,” ujar Ahmad Khozinudin.

Kendati demikian, ia menilai apabila tersangka mengaku tidak melakukan pembunuhan dengan inisiatif sendiri melainkan atas perintah Ferdy Sambo maka mantan Kadiv Propam Polri itu bisa kena jadi tersangka.

“Kalau ada fakta-fakta hukum yang sampai kepada Irjen Ferdy Sambo bersama saksi-saksi termasuk tersangka bahwa mereka tidak melakukan pembunuhan sendiri namun perintah Ferdy Sambo yah bisa kena,” tuturnya.

Jika pun pembunuhan itu bukan berdasarkan perintah tetapi atas sepengetahuan Ferdy Sambo, maka suami Putri Candrawathi itu juga bisa kena.

“Atau setidaknya sepengatuan Irjen Pol Ferdy Sambo yah bisa kena. Jadi menunggu perkembangan penyidikan apakah ada fakta-fakta hukum yang bisa mengaitkan Ferdy Sambo kepada proses penyidikan,” ungkapnya.

Namun, kata Ahmad Khozinudin, saat ini Ferdy Sambo diperiksa bukan terkait keterlibatannya dalam pembunuhan Brigadir J melainkan hanya soal dugaan pelanggaran kode etik Kepolisian.

“Tapi hari ini yang jelas yang diperiksa Ferdy Sambo hanya dugaan pelanggaran kode etik kepolisian berupa tindakan yang disebut tidak profesional dalam menangani kasus di TKP,” ujarnya.

Hingga berita ini ditayangkan, belum ditemukan tanggapan dari pihak Ferdy Sambo maupun Kepolisian terkait pendapat dari Ahmad Khozinudin itu.