Eks Direktur Pemeriksaan Dirjen Pajak Batal Diperiksa KPK, Kenapa?

Terkini.id – Eks Direktur Pemeriksaan Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Angin Prayitno Aji batal diperiksa oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi, Rabu 21 April 2021. Ia tak hadir dengan alasan sakit.

Mengutip suaracom jaringan terkini.id, disebutkan bahwa sedianya, Angin dipanggil dalam pemeriksaan kapasitas saksi untuk penyidikan kasus suap di Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan.

“Minta jadwal ulang karena sakit,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri.

Baca Juga: Buntut Kasus Dugaan Suap Eks Wali Kota Ambon, KPK Panggil...

Ali menyebut jadwal ulang segera dilakukan penyidik antirasuah. Rencananya Angin kembali dipanggil pada Rabu 28 April 2021 mendatang.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengungkapkan ada dugaan kasus suap di Ditjen Pajak Kemenkeu. Nilai dugaan korupsinya mencapai puluhan miliar rupiah.

Baca Juga: KPK Selidiki Dugaan Walkot Ambon Terima Suap Izin Ritel

“Nilai suapnya besar juga, puluhan miliar. Kasus itu juga melibatkan tim pemeriksa,” kata Alexander kepada wartawan di Gedung KPK Jakarta, Selasa lalu.

Karena masih dalam proses penyidikan, Alexander enggan membeberkan detail perkara dan pihak-pihak yang diduga terlibat.

“Itu semua sedang didalami. Saya tidak bisa menyampaikan sekarang, supaya teman-teman penyidik dalam bekerja tidak merasa terhalangi dengan info tersebut,” ujarnya.

Baca Juga: KPK Selidiki Dugaan Walkot Ambon Terima Suap Izin Ritel

Meski demikian, Alexander mengatakan dugaan perkara ini terkait pemeriksaan pajak sejumlah perusahaan. Diduga ada pejabat Ditjen Pajak yang menerima suap dari sebuah perusahaan, agar perusahaan itu membayar pajak lebih kecil nilainya.

Selain itu, guna mendalami dugaan perkara ini penyidik KPK telah melakukan penggeledahan di lingkungan Ditjen Pajak Kemenkeu.

1 2
Selanjutnya
Bagikan