Makassar Terkini
Masuk

Kabareskrim Beberkan Peran Empat Tersangka Kasus Brigadir J, Ferdy Sambo Terancam Hukuman Mati!

Terkini.id, Jakarta – Perihal peritiwa kasus Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat, Kepala Bareskrim Komjen Agus Andrianto belum lama ini membeberkan peran empat tersangka.

Seperti yang diketahui bahwa keempat tersangka yakni Bharada E atau Bhayangkara Dua Richard Eliezer Pudihang Lumiu (RE), Brigadir Polisi Kepala Ricky Rizal (RR), KM, dan Inspektur Jenderal Ferdy Sambo.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bareskrim Komjen Agus Andrianto melalui sebuah dalam konferensi pers di Mabes Polri

Dalam hal tersebut Agus Andrianto menyebutkan bahwa masing-masing peran dari empat tersangka tersebut.

Bharada E melakukan penembakan terhadap Brigadir J. Ricky Rizal dan KM diduga turut membantu dan menyaksikan penembakan Brigadir J.

“Irjen Pol FS menyuruh melakukan dan menskenario peristiwa seolah-olah terjadi peristiwa tembak-menembak di rumah dinas Irjen Pol Ferdy Sambo di Komplek Polri Duren Tiga,” tuturnya. Dikutip dari Tempo. Selasa, 9 Agustus 2022.

Selain dari itu, menurut Agus berdasarkan hasil pemeriksaan keempat tersangka menurut perannya masing-masing, penyidik menerapkan Pasal 340 subsider Pasal 338 juncto Pasal 55, 56 KUHP.

“Dengan ancaman maksimal hukuman mati, penjara seumur hidup atau penjara selama-lamanya 20 tahun,” ujarnya.

Agus menjelaskan, tim khusus telah menganalisa hasil pemeriksaan atau autopsi yang dilaksanakan kedokteran forensik Polri. Lalu mengecek hasilnya dan perkenaan tembakan, serta dugaan penganiayaan.

“Sehingga kami bisa memperoleh gambaran dari TKP dan hasil pemeriksaan terhadap hasil autopsi yang sudah dilakukan,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan bahwa tidak ada peristiwa tembak menembak. Justru fakta yang ditemukan adalah kejadian penembakan terhadap Brigadir J.