Lepas dari KPK, Novel Baswedan Dkk Direkrut Jadi ASN Polri

Terkini.id, JakartaNovel Baswedan bersama dengan 56 orang lainnya eks pegawai KPK direkrut menjadi ASN Polri. Perekrutan Novel Baswedan dkk kini sudah hampir selesai.

“Tidak berapa lama lagi bisa diselesaikan,” kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono kepada wartawan dikutip dari detikcom, Rabu, 10 November 2021.

Mengutip detikcom, Rusdi menjelaskan, 57 mantan pegawai KPK tersebut kini tengah melakukan kelengkapan berkas perekrutan. Proses tersebut hingga saat ini dipastikan masih terus berjalan.

Baca Juga: Dipimpin Mendagri, Plt Gubernur Sulsel Ikuti Rapat Evaluasi Program Prioritas

“Ini semua sedang dilakukan pelengkapan itu semua, sekarang sedang berjalan,” ucap Rusdi.

Sebanyak 57 mantan pegawai KPK yang dipecat karena tidak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK), termasuk Novel Baswedan, akan direkrut menjadi ASN di Polri. Polri sendiri telah menerima surat permohonan penetapan kebijakan pengangkatan 57 eks pegawai KPK yang dikirim Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo.

Baca Juga: Sering OTT! Anggota DPR RI Fraksi PPP Puji Peningkatan Kinerja...

“Ya, sudah, masih proses. Polri pasti akan memproses dan menindaklanjuti,” ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan saat dihubungi, Jumat, 29 Oktober 2021 silam.

Dirinya menjelaskan Polri sedang menindaklanjuti surat permohonan tersebut. Hanya, Polri masih berkoordinasi dengan KemenPAN-RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk mengangkat Novel dkk menjadi ASN.

“Terkait dengan tindak lanjut perekrutan 57 eks pegawai KPK, tentu Polri akan menindaklanjuti dan memproses sesuai aturan pengangkatan ASN dan petunjuk hasil koordinasi Polri dengan KemenPAN-RB dan Kepala BKN. Kita tunggu saja, masih dalam proses,” katanya.

Baca Juga: Sering OTT! Anggota DPR RI Fraksi PPP Puji Peningkatan Kinerja...

Ramadhan menjelaskan mantan 57 pegawai KPK itu akan ditempatkan sesuai dengan kompetensi masing-masing.

“Seperti kami katakan bahwa eks pegawai KPK itu bukan penyidik semua. Tentu penempatan disesuaikan dengan kompetensinya,” imbuhnya.

Bagikan