Makassar Terkini
Masuk

Pakar Hukum: Bharada E Tak Bisa Dipidana, Kopral Mana Berani Lawan Perintah Jenderal

Terkini.id, JakartaPakar Hukum Pidana, Asep Iwan Iriawan menyebut bahwa Bharada E tak bisa dipidana terkait kasus Brigadir J lantaran dia hanya melaksanakan perintah dari atasannya yakni Irjen Ferdy Sambo.

Menurut pakar hukum itu, Bharada E bisa bebas dari jerat pidana lantaran penembak Brigadir J hingga tewas itu hanya menjalankan perintah dari pimpinanannya.

Hal itu disampaikan Asep Iwan Iriawan saat diwawancara oleh Kompas TV, seperti dilihat pada Rabu 10 Agustus 2022.

Asep menegaskan, orang yang melakukan perbuatan atas perintah dari jabatan di atasnya karena kewenangan tidak dapat dipidana.

“Tidak dapat dipidana orang yang melaksanakan perintah jabatan karena kewenangannya,” ujar Asep Iwan.

Maka dari itu, kata Asep, LPSK harus memberikan perlindungan bagi Bharada E yang sudah berani membongkar kasus kematian Brigadir J itu.

Lebih lanjut, Asep juga mengibaratkan jika dirinya menjadi hakim kasus itu ia akan membebaskan Bharada E.

Pasalnya, menurut Asep, perbuatan yang dilakukan Bharada E terhadap Brigadir J bukan keinginan dari pria bernama lengkap Richard Eliezer itu melainkan atas perintah dari pimpinannya.

“Kalau saya hakimnya, maaf saya mendahului, tolong bapak saya nanti tolong koreksi, saya akan membebaskannya kok. Minimal lepas, perbuatan ada, cuma karena itu perintah jabatan,” tuturnya.

Pakar hukum pidana itu mengistilahkan hal yang ia maksud tersebut. Menurutnya mana mungkin Bharada E yang pangkatnya ibarat kopral berani melawan perintah atasannya yang berpangkat jenderal.

“Dia kan melaksanakan, maaf ya, istilah Kopral diperintah Jenderal. Siapa yang melawan, berani?,” ujarnya.