Makassar Terkini
Masuk

Pimpinan Komnas HAM Periksa Langsung, Ferdy Sambo Akui Aktor Utama Tewasnya Brigadir J

Terkini.id, Jakarta – Irjen Ferdy Sambo akhirnya mengaku menjadi aktor utama kasus penembakan Brigadir J atau Nopriansyah Yosua Hutabarat di rumah dinasnya di Komplek Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Mantan Kadiv Propam itu mengakui dirinya sebagai perancang skenario setelah diperiksa langsung oleh Komnas HAM di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jumat 12 Agustus 2022.

Para pimpian Komnas HAM yang turun langsung memeriksa Ferdy Sambo antara lain Ahmad Taufan Damanik sebagai Ketua Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara dan Choirul Anam selaku Komisioner.

Pemeriksaan yang dilakukan oleh para pimpinan Komnas Ham terhadap Ferdy Sambo itu dilakukan di dalam sebuah ruangan khusus.

Ferdy Sambo akhirnya mengakui bahwa dirinya adalah aktor utama kasus tewasnya Brigadir J dalam pemeriksaan itu.

“Memeriksa ada di satu ruangan khusus, Dalam permintaan keterangan ada beberapa hal. Pertama adalah pengakuan FS bahwa dia adalah aktor utama peristiwa ini,” ujar Ahmad Taufan Damanik yang dikutip dari Suara.com, Jumat 12 Agustus 2022.

Kepada Komnas HAM, Ferdy Sambo juga mengakui dirinya juga perencana rekayasa pembunuhan Brigadir J.

“Kedua dia mengakui sejak awal dial ah yang melakukan langkah-langkah untuk merekayasa mengubah, mendisinformasi beberapa hal sehingga pada tahap awal yang terbangun konstruksi peristiwa tembak-menembak,” lanjut Taufan.

Komnas HAM memang sebelumnya telah menjadwal proses pemeriksaan dua tersangka yaitu Ferdy Sambo dan Bharada E.

Choirul Anam menuturkan pemeriksaan dilakukan pada pukul 15.00 WIB.

“Akan memeriksa Ferdy Sambo dan Bharada E ya itu akan diperiksa keterangan di Mako Brimob itu yang sudah kita sepakati kemarin,” kata Anam.